Partisipasi Ayah Tentukan Keberhasilan Program Pemberian ASI Eksklusif

By Saeful Imam, Selasa, 15 November 2016 | 01:30 WIB
Pilih perlengkapan yang mudah digunakan (Saeful Imam)

Tabloid-Nakita.com - Peran Papa sangat menentukan keberhasilan program pemberian ASI eksklusif. Nah, untuk mendukung peran Papa dalam merawat dan mengasuh anak, pilihlah produk perawatan anak yang inovatif, mudah, praktis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan si buah hati. Dengan begitu, tidak hanya Mama, Papa juga dapat membantu merawat dan mengasuh si buah hati sama baiknya. Ingat, tugas, mengurus anak tidak hanya tanggung jawab Mama, tapi juga Papa.

Sebuah riset yang dikeluarkan oleh Berita Kedokteran Masyarakat tentang Peran Papa Dalam Praktik Menyusui menunjukkan, pemberian ASI secara eksklusif pada kelompok Papa yang mendukung lebih tinggi 2,25 kali dibandingkan dengan kelompok Papa yang tidak mendukung, selain itu pengetahuan dan sikap orangtua berpengaruh terhadap pemberian ASI.

Buku dengan judul “Womenly Art of Breastfeeding” yang ditulis oleh Diane Wiessinger juga menyebutkan bahwa Papa perlu bersama sang buah hati untuk saling mengenal dan memahami kebutuhan masing-masing. Papa perlu memperhatikan tanda-tanda yang diberikan oleh sang buah hati saat ia siapberinteraksi. Bayi yang lapar sama sekali tidak tertarik diajak bermain. Setelah bayi kenyang menyusu, ini adalah saat yang tepat sang Papa untuk mengambil alih.

Mengenai peran Papa dalam pemberian ASI, Ratna Kurniawati, Marketing Manager Mother and Child Care, Philips Personal Health Indonesia, mengatakan, “Untuk kemudahan para Mama dan juga Papa, Philips AVENT memiliki rangkaian produk perawatan Mama dan anak mulai dari menyusui hingga tahap pemberian makanan pendamping ASI (MPASI). Breastpump AVENT sangat nyaman digunakan karena bantalannya sangat lembut dan bentuknya yang ergonomis serta ringan membantu Mama memompa ASI lebih nyaman.

Selain itu botol susu AVENT juga dirancang menyerupai payudara dan puting ibu, sehingga dapat membantu ayah memberikan ASI kepada buah hatinya saat berjauhan dari ibu.” Ujar Ratna Kurniawati. “Dari berbagai referensi yang saya baca dan mendengar pengalaman teman-teman yang sudah menjadi ayah, dikatakan bahwa ayah berperan penting untuk keberhasilan pemberian ASI. Sejak awal saya dan Tantri sudah berkomitmen untuk memberikan ASI ekslusif bagi anak kami. Semua ayah yang sudah melewati masa ini pasti setuju bahwa masa-masa ini tidak mudah. Namun, saya dan Tantri bisa melalui masa-masa ini dengan membagi seimbang peran merawat dan mengasuh Kara agar tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat,” ujar Hatna Danarda, vokalis band Naff, ayah dari Karanada Medina, 7 bulan.

Sebuah studi lain masih terkait peran ayah menunjukkan bahwa dikalangan ibu, pendapat pasangannya sangat mempengaruhi keputusannya dalam memberikan ASI. Studi yang sama menyebutkan bahwa para ayah cenderung mendukung pasangannya untuk menyusui apabila ayah memiliki pengetahuan dan informasi yang menyeluruh tentang manfaat pemberian ASI untuk sang buah hati.   Menanggapi hasil studi tersebut lebih lanjut Ratna mengatakan,”Kami secara berkala memberikan pelatihan guna membekali para calon orang tua baru terkait pemberian ASI eksklusif, merawat bayi hingga pemberian MPASI. Kelas ini menargetkan ayah dan ibu, karena ayah memiliki peran yang krusial dalam tumbuh kembang anak,”.