Ini Penyakit Menular Penyebab Kematian Nomor Satu Balita

By Saeful Imam, Senin, 21 November 2016 | 07:30 WIB
Pneumonia pada anak (Saeful Imam)

Tabloid-Nakita.com - Pneumonia masih menjadi penyebab kematian balita yang utama di Indonesia. Pneumonia dan diare menjadi infeksi pembunuh pada balita, karena data menunjukkan setiap menit ada 6 anak meninggal karena dua infeksi ini. 99% kematian akibat pneumonia anak berasal dari negara berkembang. Di negara pneumonia banyak disebabkan virus sedangkan di negara berkembang lebih banyak oleh bakteri.

Riskesdas tahun 2013 menunjukkan insiden pneumonia di Indonesia adalah 1,8% dengan prevalensi 4,5%. Jika dijabarkan dengan angka maka setidaknya dari 23 balita yang meningggal setiap jam dan 4 di antaranya karena pneumonia. Tahun 2015 ada 554.650 kasus pneumonia yang dilaporkan.

Data dari laporan rutin Puskesmas kasus pneumonia tahun 2015 lumayan meningkat tajam. Dan dapat diperkirakan saat ini kasus pneumonia adalah 3,55% dari jumlah balita di Indonesia. Jumlah penduduk balita sekitar 10% dari penduduk.

Dr. Cristina Widaningrum Mkes, selaku Kasubdit ISPA Dirjen Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Menular Langsung (P2PML), Kementerian Kesehatan,  menjelaskan belum semua propinsi mencapai target 100% terutama Indonesia Timur dan propinsi baru untuk program penanggulangan ISPA.  “Ketika kasus pneumonia masih tinggi maka perlu dievaluasi apakah program sudah berjalan dengan benar?” jelas dr. Widaningrum yang biasa disapa Bu Ning ini.

Faktor risiko pneumonia di antaranya adalah ASI ekslusif yang kurang, gizi buruk yang berdampak pada daya tahan tubuh, tidak mendapatkan imunisasi, berat badan lahir rendah, dan paparan polusi dalam rumah seperti merokok, asap tungku dapur dan kepadatan penduduk dalam rumah. “Diharapkan jika faktor risiko ini sudah tidak ada maka kita harapkan pneumonia pun tidak lagi ditemukan,” paparnya.

Kasubdit ISPA menekankan pencegahan dapat dimulai sejak kehamilan dengan melakukan pemeriksaan antenatal selama kehamilan, minimal 4 kali pemeriksaan. Selain itu memberikan ASi ekslusif, gizi seimbang, mengurangi poulsi udara dan dll. “Imunisasi untuk mencegah pneumonia sangat penting meskipun saat ini imunisasi pencegahan pneumonia belum masuk program pemerintah.”

Cara Mencegah Pneumonia

Secara umum ada lima langkah sederhana mencegah pneumonia yaitu

  1. Pemberian ASI eksklusive
  2. Ventilasi rumah yang baik
  3. Cuci tangan pakai sabun
  4. Minum air bersih dan matang serta sanitasi yang baik
  5. Gizi yang cukup dan siembang

Jangan Lupa Imunisasi

Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita SpA(K) dokter spesilias respirasi  anak dari FK Unpad/RS Hasan Sadikin Bandung, menjelaskan pneumonia adalah penyakiti infeksi jaringan paru yang menjadi penyebab utama kematian pada anak di dunia. “Adanya peradangan pada paru mengakibatkan tertimbunnya eksudat di paru-paru mengakibatkan gangguan pertukaran gas. Kuman penyebab pneumonia mencapai jaringan paru melalui pernapasan, aspirasi kuman di tenggorokan, melalui aliran pembuluh darah, langsung dari infeksi dekat paru-paru atau trauma menusuk paru,” jelas Cissy.

Bakteri strain penumokokus, yang hidup normal di tenggorokan adalah salah satu kuman penyebab pneumonia. Kuman yang tidak invasif hanya akan menyebabkan infeksi radang telinga tengah atau otitis media atau sinusitis. Namun pada saat kondisi imun tubuh turun kuman dapat masuk ke paru-paru dan menyebakan pneumonia.

Gejala pneumonia adalah batuk disertai sesak napas karena alveoli atau bagian ujung paru yang menjadi tempat pertukaran udara kotor dan bersih, tertutup oleh lendir (mukus) yang susah dikeluarkan. Anak sesak napas dengan napas cepat dan terengah-engah mendandakan ia tengah mencoba menarik oksigen lebih banyak, menyebabkan tarikan dinding ke dalam.