Tidak Hanya Hamil, Ini 5 Penyebab Menstruasi Terlambat

By Gisela Niken, Selasa, 22 November 2016 | 03:15 WIB
Penyebab menstruasi terlambat biasanya disebabkan masalah hormon (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menstruasi menjadi hal penting dalam kesehatan alat reproduksi Mama. Maka, penting untuk melihat apakah menstruasi berjalan normal atau tidak. Gangguan pada menstruasi bisa saja menjadi tanda bahwa ada masalah pada area alat reproduksi Mama. Salah satu gangguan yang mungkin terjadi adalah menstruasi yang datang terlambat. Tidak hanya disebabkan oleh kehamilan, terdapat berbagai penyebab menstruasi terlambat.

1.Stres

Saat Mama stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yakni kortisol dan adrenalin. Kedua hormon ini akan muncul ketika tubuh merasakan ancaman. Sementara itu, kedua hormon ini juga akan memengaruhi otak yang mengakibatkan masalah ketidakseimbangan hormon. Ketidak seimbangan hormon ini yang menyebabkan ovulasi tertunda atau tidak terjadi sama sekali.

Baca juga: Cek jadwal menstruasi untuk melihat peluang kehamilan

2.Tiroid

Tiroid ternyata kerap menjadi sumber masalah ketidakseimbangan hormon. Masalah tiroid yang mungkin Mama alami adalah hipotiroidisme di mana tiroid menjadi kurang aktif. Sementara Mama juga mungkin mengalami hipertiroidisme di mana tiroid menjadi sangat aktif. Perubahan hormon inilah turun menganggu ovulasi dan bisa menyebabkan masalah kesuburan.

Klik halaman selanjutnya di sini