Persalinan Lancar Butuh Stamina Kuat

By Isma Anggritaningsih, Selasa, 22 November 2016 | 19:00 WIB
Proses persalinan sangat menguras energi Mama, dibutuhkan stamina yang kuat untuk kelancaran persalinan. (Julie Erikania)

Tabloid-Nakita.com – Memasuki usia kehamilan trimester tiga, Mama tak lama lagi akan melewati babak terakhir dari proses penantian panjang untuk menghadirkan anggota baru dalam keluarga. Tahukah, Mama ... selama proses persalinan berlangsung, otot-otot di sekitar pinggul, rahim, dan perut Mama akan bekerja sangat keras. Itulah mengapa, Mama perlu memiliki stamina yang kuat agar proses persalinan yang menguras energi ini dapat berjalan lancar.

Nah, di trimester tiga ini, Mama dapat melakukan berbagai persiapan untuk mendukung proses persalinan agar menjadi lancar. Ini dia caranya, Ma!

  1. Rutin melakukan olahraga ringan. Olahraga yang bisa mamil lakukan, antara lain: berenang atau hanya berjalan kaki di sekitar rumah. Olahraga ini akan menghindari kram, Ma.
  2. Perbanyak intensitas waktu istirahat. Istirahat akan membantu tubuh mamil menyimpan lebih banyak energi menjelang proses persalinan.
  3. Tidurlah dengan posisi menyamping ke kiri karena bisa membantu memperlancar sistem peredaran darah yang ada di dalam tubuh mamil.
  4. Menghirup aroma terapi untuk membantu merelakskan perasaan dan jiwa mamil, sehingga jadi lebih tenang saat menghadapi proses persalinan.
  5. Sering-sering melakukan pijatan lembut dan ringan di area sekitar kaki. Mama bisa melakukan pemijatan dengan menggunakan ibu jari di setiap malam menjelang tidur. Pemijatan ini bisa membantu melancarkan sistem peredaran darah di kaki sehingga terhindar dari kram kaki.
  6. Mengonsumsi makanan sehat sesuai dengan prinsip gizi seimbang, yakni makanan yang bervariasi dan beragam dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh ibu hamil.
  7. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi, Ma. Soalnya, makanan tersebut dapat menyebabkan penumpukan cairan yang bisa menyumbat sistem peredaran darah di bagian kaki.
  8. Hindari mengangkat beban terlalu berat. Mengangkat benda yang terlalu berat dapat menyebabkan punggung menjadi tegang, Ma. Soalnya, beban pada bagian depan tubuh secara otomatis sudah bertambah dengan adanya rahim yang membesar.
  9. Hindari menahan buang air kecil karena bisa menyebabkan infeksi kandung kemih. Terjadinya infeksi kandung kemih dalam jangka waktu lama akan berisiko pecah ketuban.

Sebaiknya, persiapan persalinan dilakukan sejak awal kehamilan, Ma. Bukan hanya persiapan fisik untuk stamina yang kuat, tetapi juga persiapan mental. Simak ulasan dari ahlinya, dr. Alvin Setiawan, SpOG, DMAS di Tabloid nakita edisi 921 yang terbit Rabu, 23 November 2016.