Wujudkan Cinta Bunda dan Ayah, Lewat Nutrisi dan Stimulasi Tepat

By Saeful Imam, Rabu, 30 November 2016 | 04:30 WIB
Dancow Balikpapan : Wujudkan Cinta Lewat Nutrisi dan Stimulasi Tepat (Saeful Imam)

Tabloid-Nakita.com - Tanpa terasa, si Kecil sudah memasuki usia batita. Di usia ini 1 tahun, si Kecil juga mulai makin aktif ber-eksplorasi de-ngan mu-lai berjalan sendiri dan me-lakukan banyak ak-tivitas yang dilakukan secara man-diri. Si Kecil juga mulai senang bermain dan juga mulai banyak bertanya. Tak heran bila usia batita disebut juga usia bereksplorasi.

Ada tiga faktor yang berperan dalam menunjang masa eksplorasi si Kecil, yaitu  cinta Bunda Ayah, kecukupan nutrisi, dan stimulasi.  “Cinta Bunda Ayah akan memberi kesempatan pada Si Kecil untuk belajar mandiri. Dari sisi lingkungan, pola asuh akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Sisi nutrisi akan terlihat bahwa proses eksplorasi membutuhkan kemampuan kognitif yang baik (tidak hanya kognitif tetepi fisik juga diperlukan untuk eksplorasi). Hal ini berhubungan dengan perkembangan otak. Nutrisi yang tepat, akan membantu perkembangan otak yang pesat terjadi di usia batita,” demikian penjelasan  Dr. dr Rini Sekartini, SpA (K) pada acara seminar DANCOW Parenting Center yang diselenggarakan di Hotel Swiss-Belhotel,  Balikpapan (08/10). Acara bertajuk “Tumbuh Kembang si Kecil berawal dari Perlindungan yang Optimal” ini merupakan kerja sama DANCOW Parenting Center dengan tabloid nakita. Acara ini dipandu oleh Bunda Shahnaz Haque.

BERI KESEMPATAN BEREKSPLORASI

Dokter Rini pun mengingatkan agar si Kecil selalu diberi kesempatan karena bermain setiap hari dapat membantu anak menjadi sehat, ceria, cerdas, percaya diri, kreatif, dan berperilaku baik. 

Pada kesempatan yang sama Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi, menambahkan kesempatan bereksplorasi ini secara tidak lang­sung akan membentuk anak menjadi pribadi yang mandiri. “Di saat bereksplorasi, Si Kecil mengembangkan seluruh aspek kemampuannya, sensori-motorik, komunikasi, sosio-emosional, kemandirian, kognitif dan kreativitas.  Tapi agar bisa bereksplorasi dengan baik, tentunya dibutuhkan pola asuh yang mendukung. Pola asuh yang tepat adalah pola asuh yang dalam keseharian memberikan kesempatan Si Kecil bereksplorasi,” jelas Bunda Vera. Contohnya pola asuh ini antara lain, Bunda dan Ayah mampu mengembangkan seluruh aspek perkembangan sesuai usia si Kecil, menyediakan ruang bagi si Kecil untuk bereksplorasi , dan membantu si Kecil mencapai seluruh target tumbuh-kembangnya secara optimal.

SALURAN CERNA SEHAT, EKSPLORASI OPTIMAL

Selain stimulasi dan kasih sayang yang diberikan lewat kesempatan bermain dan bereksplorasi, si Kecil juga perlu mendapat nutrisi yang tepat sesuai tahapan usia agar tumbuh kembangnya optimal. “Di usia 1 tahun ke atas, anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, baik pada perkembangan hormon, tulang dan lainnya. Contoh makanan yang tepat adalah yang bergizi lengkap seimbang melalui pemberian nutrisi dari sumber beragam, plus jangan lupa susu pertumbuhan,” ujar pakar nutrisi Sari Sunda Bulan, AMG.?  

Menurut Bunda Sari, fungsi nutrisi di antaranya adalah tidak hanya memberi perlindungan, mem­berikan energi, mendongkrak fungsi tubuh, tapi juga mendukung tumbuh kembang termasuk meng­optimalkan proses belajar si Kecil. Bunda Sari juga mengatakan, kunci agar si Kecil bisa selalu aktif bereksplorasi adalah memerhatikan kesehatan saluran cerna, karena faktanya 80% sistem daya tahan tubuh ada di saluran cerna. Selama ini kita hanya mengetahui fungsi saluran cerna untuk penyerapan makanan. Tapi sesungguhnya ada fungsi penting lainnya, yaitu sebagai daya tahan tubuh. Saluran cerna baik, berarti daya tahan tubuh kita juga baik.  Saluran cerna yang baik harus didukung oleh berbagai flora usus yang bermanfaat seperti bakteri baik Lactobacillus rhamnosus, serat pangan Inulin, vitamin A, C, dan E serta selenium dan zinkc.

Nestlé DANCOW Excelnutri+ 1+

Nestlé DANCOW Excelnutri+ 1+ adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun dengan kandungan Lactobacillus rhamnosus, serat pangan Inulin, minyak ikan (sumber DHA), omega 3 (asam a-linolenat), Omega 6 (asam linoleat) serta zat gizi makro dan mikro lainnya.

Dapatkan info seputar nutrisi tumbuh kembang dan pola asuh yang tepat untuk si Kecil melalui:

www.dancow.co.id/dpc          DANCOW Parenting Center          @DancowCenter