Langkah-langkah Latihan Pernapasan Perut untuk Mengurangi Sakitnya Melahirkan

By Utami Sri Rahayu, Senin, 5 Desember 2016 | 02:00 WIB
Pernapasan perut akan menghasilkan lebih banyak oksigen. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Banyak calon ibu mengalami stres karena takut merasakan sakitnya melahirkan. Namun, nyeri persalinan bisa diatasi dengan pernapasan perut. Melalui pernapasan perut, Mama akan lebih banyak menghirup oksigen, menjadikan oksigenasi berlangsung dengan baik di darah. Jumlah oksigen yang cukup akan membantu Mama mengurangi rasa sakit saat kontraksi dan membantu bayi mengatasi stres saat persalinan.

Baca: Atasi Nyeri Persalinan dengan Pernapasan Perut

Untuk Mama yang ingin mulai latihan pernapasan perut, lakukan latihan ini dalam posisi duduk ataupun tidur.

• Bila mengambil posisi duduk: Bagi Mama dengan usia kehamilan 36 minggu, posisi duduk akan lebih nyaman. Duduk bersila dengan posisi lotus dan condongkan badan dari dasar tulang punggung sedikit ke depan. Letakkan kedua telapak tangan di atas perut di sekitar pusar dengan kedua jari tengah bersentuhan.

• Bila mengambil posisi tidur: Tidur miring ke kiri dengan posisi kepala agak tinggi sedikit menggunakan dua bantal (posisi setengah duduk), sementara posisi kaki kiri lurus dengan kaki kanan agak ditekuk sedikit. Di antara kedua kaki diganjal dengan guling. Setelah mengambil posisi yang nyaman, baik duduk maupun tidur, lanjutkan dengan melakukan gerakan berikut ini:

Baca: Aneka Cara Meringankan Nyeri Kontraksi Jelang Melahirkan

1. Perlahan-lahan tarik napas dari hidung dengan mulut tertutup sambil menghitung sampai hitungan keempat. Bayangkan udara mengisi paru-paru. Hirup hingga terasa ke bagian bawah paru-paru, sehingga perut terasa mengembang. Jaga jangan sampai tulang iga dan dada ikut mengembang (kembang kempis).

2. Tahan napas hingga hitungan ketujuh. Kemudian, pada hitungan kedelapan buang napas sambil mengeluarkan suara seperti orang mengembuskan napas. Buang napas perlahan saat diafragma Mama bergerak ke atas. Perlahan-lahan perut akan terasa bergerak ke bawah.

3. Ulangi gerakan-gerakan di atas sebanyak 4 kali. Tingkatkan jumlahnya secara bertahap hingga 8 kali. Lakukan peningkatan ketika Mama sudah merasa nyaman dengan hitungan 4 kali.

Baca: Nyeri Yang Akan Mama Rasakan Setelah Operasi Caesar

Itulah tahap-tahap latihan pernapasan perut untuk membantu mengurangi nyeri persalinan. Akan lebih baik jika latihan pernapasan perut ini dilakukan sejak dini supaya Mama enggak kesulitan menjelang persalinan nanti.

Narasumber: Donna Farida, AmKeb., Instruktur Senam Hamil RS Royal Taruma, Jakarta