Trik Mudah untuk Mengatasi Rambut Kasar dan Kering

By Gisela Niken, Jumat, 9 Desember 2016 | 01:00 WIB
Penyebab rambut rusak dan rontok datang dari kebiasaan sehari-hari (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ada banyak faktor yang menyebabkan kerusakan rambut seperti rambut kasar dan kering. Rambut yang terlalu banyak paparan panas, terlalu sering mendapatkan perawatan hingga salah dalam penggunaan produk perawatan rambut. Kondisi rambut kasar dan kering sangat sering dialami oleh banyak orang. Untuk itu, Mama perlu melakukan trik dan cara mudah berikut untuk mengatasi rambut kasar dan kering.

Baca juga: 5 kebiasaan buruk yang jadi penyebab rambut rusak dan rontok

Minyak zaitun menjadi salah satu solusi untuk merawat rambut yang kasar dan kering. Mama bisa melakukan pijat pada rambut dengan minyak zaitun hangat. Lakukan hal ini sebelum Mama mencuci rambut dan biarkan selama satu jam. Setelah itu bilas degan keramas. Cara ini bisa membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut.

Baca juga: Nanas ampuh melawan ketombe dan rambut rontok

Salah satu faktor yang membuat rambut kasar dan kering adalah kesalahan saat menyisir rambut. Gunakan sisir yang lembut dan sisir secara perlahan. Menyisir terlalu kasar akan menyebabkan masalah pada rambut terutama pada rambut yang sedikit bergelombang. Mama juga sebaiknya tidak mencuci rambut terlalu sering karena dapat mengurangi produksi minyak alami dari rambut.

Setelah keramas Mama bisa menggunakan kondisioner untuk membuat rambut menjadi lebih lembut dan mudah diatur. Pemilihan sampo dan kondisioner yang tepat juga penting karena harus sesuai dengan jenis rambut Mama. Jangan ragu untuk mengganti sampo jika tidak cook. Mama juga perlu memanjakan rambut seperti melakukan masker rambut sekali dalam seminggu. Hal ini dapat menjaga rambut menjadi lebih lembut.

Baca juga: Cara alami membuat rambut cepat tumbuh

Cara mudah lain untuk mengatasi rambut kasar dan kering adalah memotong ujung rambut secara rutin. Rambut bercabang menjadi awalan masalah rambut rusak yang lebih lanjut. Rambut yang kasar dan susah diatur biasanya diawali dengan ujung rambut yang bercabang. Maka, penting bagi Mama untuk secara rutin memotong ujung rambut agar tumbuh lebih baik dan mudah diatur.