Tak Pelit Ilmu, Pedagang di Pasar Legi Solo Berbagi Tips Pilih Durian

8 Februari 2023 15:30 WIB
Pedagang di Pasar Legi Solo Berbagi Tips Pilih Durian
Pedagang di Pasar Legi Solo Berbagi Tips Pilih Durian ( Tribun Banyumas)

Solo, Sonora.ID - Durian merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat, sayangnya tidak setiap waktu buah tersebut ada.

Di bulan-bulan ini sudah tiba musimnya buah durian. Saatnya masyarakat berburu buah yang dijuluki sebagai ‘King Fruit’. Namun apabila salah pilih dalam membeli, buah yang terlanjur dibeli pasti akan mengecewakan karena rasa yang tak manis dan hambar.

Lantas, bagaimana cara memilih durian yang enak?

Penjual durian yang berdagang di selatan Pasar Legi, Ganang (28), berbagi tips dan trik untuk memilih durian yang enak sesuai selera.

Sudah banyak diketahui bahwa cita rasa durian banyak macamnya mulai dari yang manis, legit, sampai yang agak pahit. Cita rasa tersebut tergantung pada varian durian yang berada di pasaran.

Saat ini, ada berbagai varian durian yang dijual di pasar maupun di pinggir jalan, mulai dari durian sukun, petruk, sampai montong. Kemudian ada juga durian dari berbagai macam daerah seperti durian karangpandan, dan lain sebagainya.

Cara memilih durian menurut Ganang pertama dan pasti dari baunya. Walaupun buah durian belum dibuka, durian yang baik akan mengeluarkan aroma yang khas, terutama dari gagang buahnya.

Baca Juga: 5 Shio yang Dapat Durian Runtuh di Bulan Februari 2023, Gas DP Mobil!

Aroma durian yang harum menandakan buah tersebut sudah matang dengan sempurna. Kemudian tips yang kedua dilihat dari posturnya, bolong kemasukan ulat atau tidak. Jika kemasukan ulat, bisa dipastikan bahwa daging buah durian tidak layak untuk dinikmati.

Yang ketiga, jika gagangnya masih basah, artinya buah tersebut masih baru. Jika gagang sudah layu, maka buah durian tidak matang pohon. Tentunya rasa durian berbeda jika tidak matang pohon.

Lapak milik Ganang yang berada di Jalan Letjen S Parman, menjadi salah satu diantara pedagang durian yang berani beri garansi durian yang dijualnya. Durian dibuka dan dirasakan. Apabila rasa kurang sesuai maka akan diganti dengan yang lebih enak.

Durian yang dijual Ganang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 40 ribu sampai Rp 150 ribu per buah.

Jika para pembeli ragu dengan kemampuan mengenali durian enak atau tidaknya, maka kalian cukup pasrah dengan pedagang tentu bisa menjadi pilihan. Ganang sudah memiliki banyak pelanggan selama 18 tahun dirinya berjualan durian.

Baca Juga: Resep Membuat Pancake Durian Untuk Acara Kumpul Malam Imlek

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm