Follow Us

Ajinomoto Gaungkan Peran Gizi Dalam Pencegahan Hipertensi dan Peningkatan Kualitas Hidup Lansia

Saeful Imam - Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:27
Cara mengatasi hipertensi dengan benar agar kesehatan tubuh terjaga.
Foto oleh Thirdman/pexels

Cara mengatasi hipertensi dengan benar agar kesehatan tubuh terjaga.

GridHITS.id - Lansia harus meningkatkan kualitas hidup.

Peningkatan selera makan membantu dalam pemenuhan asupan gizi yang baik, yang berujung pada perbaikan kondisi fisik dan kualitas hidup lansia.

“Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat di tahun 2020, jumlah lansia di Indonesia meningkat sebesar 9,92% atau sebanyak 26,82 juta orang.

Menjadi tua adalah pasti, tetapi sehat di usia tua adalah pilihan. Gizi menjadi bagian dari proses kesehatan dari Lansia”, ujar Dr. Toto Sudargo, M.Kes – Dosen Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada acara webinar “Peran Gizi dan Umami dalam Pencegahan Hipertensi dan Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut Usia”.

Acara yang merupakan hasil kerjasama tim peneliti dari Universitas Gajah Mada dan PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) yang didukung oleh Dinas Sosial DIY dan PPNI DIY ini berlangsung hangat dan diikuti secara virtual oleh lebih dari 200 peserta.

Endang Patmintarsih, S.H, M.Si – Kepala Dinas Sosial DIY dalam kata sambutannya di awal acara mengatakan,

“Seiring penambahan usia, lansia memiliki kemunduran, terutama dari sisi kesehatannya. Namun berapapun usia seseorang, gizi yang baik diperlukan untuk tumbuh sehat.

Orang yang lanjut usia cenderung mengalami penurunan pada kepekaan indra perasa, sehingga kerap kehilanggan selera makan.

Buruknya, karena kurangnya kepekaan indra perasa – garam cenderung ditambahkan pada makanan.

Baca Juga: Ajinomoto Berbagi Edukasi Tentang Strategi Psikologi untuk Dukung Kesehatan Keluarga dengan Peranan Bumbu Umami

Padahal garam adalah komponen yang perlu dibatasi terutama untuk mereka yang berusia lanjut”.

Selain pola makan yang tidak sehat, kurang serat, dan tinggi lemak, garam menjadi salah satu pemicu hipertensi.

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular