Catat! Ini 4 Perawatan Penting Bayi Baru Lahir

  • Rabu, 13 September 2017 15:10 WIB

4 Perawatan Penting Bayi Baru Lahir

Nakita.id - Menjaga kebersihan tubuh bayi adalah salah satu bentuk perhatian dan kasih sayang ibu pada buah hatinya. Tak hanya membuat badan bayi jadi putih dan bersih, melakukan perawatan ini akan membuat bayi menjadi sehat. Seperti apa perawatan penting yang perlu Ibu ketahui?

Baca juga: Kok Bayi Baru Lahir Banyak Tidur?

1. Kulit

Perawatan penting bayi baru lahir adalah ada di area kulit. Bayi memiliki kulit yang sensitif. Rangsangan ringan sekalipun dapat menimbulkan kemerahan dan gatal pada kulitnya. Namun, tak perlu khawatir karena hal ini bisa ditangani. Pastinya, jaga kebersihan kulit bayi dengan memandikannya dua kali sehari, pagi dan sore. Bagaimana cara memandikannya, lihat h. 10—12.

Jika bayi mengalami biang keringat atau keringet buntet, segera atasi. Umumnya, biang keringat muncul di sekitar leher, dada, bawah lengan, dan lipatan-lipatan kulit lainnya serta di daerah popok. Penyebab kemunculannya ialah tingginya kelembapan kulit akibat tersumbatnya kelenjar keringat. 

Untuk mengatasinya, bawa bayi keluar dari tempat yang panas dan lembap agar bayi tetap sejuk dan kering atau mandikan. Bila mungkin, tidurkan di kamar ber-AC. Bila si kecil mengalami biang keringat yang parah, konsultasikan ke dokter. Dokter mungkin akan memberikan resep krim atau salep untuk mengobati biang keringatnya.

Baca juga: Ini Alasannya Mengapa Bayi Baru Lahir Perlu Tes Glukosa 

2. Telinga

Bersihkan bagian luar telinga dengan lap pembersih atau kapas bertangkai (cotton bud). Jangan masukkan cotton bud, pembersih telinga, jari atau apa pun ke dalam lubang telinga. Telinga pada dasarnya memiliki daya untuk membersihkannya sendiri, sementara usaha untuk mengeluarkan kotoran telinga justru hanya akan mendorongnya lebih masuk lagi. Perawatan penting bayi baru lahir harus dilakukan secara telaten.

3. Kuku

Reporter : Gisela Niken
Editor : Ipoel

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×