Begini Manfaat Cukup Minum Air Putih Bagi Tubuh

  • Senin, 20 Maret 2017 12:45 WIB

Ini yang terjadi pada tubuh jika hanya minum air putih

Nakita.id – Minum air putih memang sangat disarankan bagi tubuh. Namun, rasa manis atau segar dari minuman lain, seperti minuman bersoda, teh, ataupun cappuchino sering kali lebih menggoda. Padahal ada berbagai penelitian yang menunjukkan manfaat air putih jika kita mengonsumsi air putih tanpa campuran minuman lain. Seperti apa ya manfaatnya?

Baca juga: Diet Air Putih, Turunkan Berat Badan 1 Kg Per Hari 

1. Membuat otak bekerja lebih cepat

Tidak hanya membantu tubuh agar tak lagi haus, air putih dapat membantu kerja otak. Sebuah penelitian dari University of East London mengungkapkan minum segelas air dapat mempercepat kerja otak hingga 14%. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Frontiers in Human Neuroscience menganalisis bagaimana otak wanita dan pria dalam menyelesaikan sejumlah tes dengan membandingkan yang sebelumnya minum air putih dan tidak minum air putih.

2. Makan lebih sedikit

Mau menahan nafsu makan? Jawabannya hanya cukup dengan air putih saja! Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Obesity pada 2010 mengungkapkan minum air putih hingga kenyang 1,5 jam sebelum jam makan menjadi cara yang efektif untuk mengurangi porsi makan. Minum air putih dapat membantu tubuh lebih sedikit mengonsumsi kalori dalam makanan. Sementara pada studi lain yang diterbitkan dalam Journal of The American Dietetic Association pada 2008 dikatakan minum 0,5 liter dapat meningkatkan metabolisme hingga 24-30% sehingga lebih mempercepat pembakaran lemak.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Minum Air Putih Bagi Ibu Hamil 

3. Mengurangi racun dalam tubuh

Air juga memainkan peran dalam pencegahan penyakit. Air membawa nutrisi ke seluruh sel tubuh sehingga baik untuk pembuangan limbah tubuh kita. Pembuangan limbah tubuh, seperti urine, dengan teratur akan menurunkan tingkat risiko terkenan penyakit. Penelitian yang dilakukan Nutrition Human Center di University of Sheffield Inggris menemukan bahwa perempuan yang terhidrasi (tercukupi kebutuhan cairannya) dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 79%. Sementara studi lain dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle menemukan bahwa perempuan yang minum lebih dari lima gelas sehari menurunkan risiko kanker usus besar hingga 45%.

Baca juga: Trik Agar Anak Suka Minum Air Putih 

4. Mencegah darah tinggi

Tekanan darah tinggi masuk ke dalam daftar penyakit paling mematikan di Indonesia. Berbagai penyakit seperti diabetes, stroke, dan jantung diawali dengan tekanan darah tinggi. Ternyata, memastikan cukup minum air dapat mencegah Ibu mengalami tekanan darah tinggi. Lisa Nelson, RD, LN, seorang ahli gizi di Amerika mengungkapkan kurang minum air putih akan membuat tubuh menjadi retensi terhadap natrium (garam). Kondisi ini akan menyebabkan peningkatan tekanan pada arteri dan tekanan darah.

Sumber : []

Reporter : Gisela Niken
Editor : Heni Wiradimaja

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×