Mandi Air Hangat

Kapan Anak Boleh Mulai Mandi Air Dingin?

Editor    : Santi Hartono

Tanggal : Minggu, 19 Maret 2017

Berbagi :

T: Dokter , sejak bayi hingga sekarang, anak saya (3) selalu mandi air hangat. Saya ingin sekali mulai mengenalkan mandi air dingin karena tidak mau nantinya ia bergantung pada air hangat. Lagipula saya ada rencana memasukkannya ke les renang yang airnya tentu bukan air hangat.

Apakah anak kuat mandi air dingin mengingat selalu mandi dengan air hangat? Bagaimana caranya memperkenalkan anak untuk mandi air dingin agar proses adaptasinya lancar? Terima kasih atas sarannya.
Nastiti – Bandung

J: Sebenarnya mandi dengan air biasa (bukan air hangat) dapat diperkenalkan saat usia bayi (di bawah 12 bulan), yaitu saat mandi sore di mana suhu udara masih hangat dan bayi segera diseka dan dihangatkan dengan handuk setelah mandi.

Pada bayi yang sehat, tubuhnya memiliki kemampuan untuk mengatur suhu yang dibutuhkan karena adanya suatu pengatur suhu (termoregulator), sehingga tidak perlu ditakutkan bayi menderita kedinginan setelah mandi dengan air biasa.

Di usia saat ini (3 tahun), si kecil sebaiknya mulai dilatih secara bertahap untuk mandi menggunakan air biasa (tidak hangat), misal saat mandi sore. Kemudian berikutnya mulailah pada saat mandi pagi. Atau dapat pula Ibu memulai kegiatan renangnya sesegera mungkin untuk membiasakan anak dengan air dingin.

Asuhan:  Dr. Martinus M. Leman, DTMH, SpA, RS Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan

Sumber :

PENULIS

Santi Hartono

Music lover and kids adorer.