Panduan Memilih Sepatu yang Aman untuk Anak yang Sedang Belajar Jalan

By Gisela Niken, Senin, 12 Desember 2016 | 22:00 WIB
Sepatu Anak Kebesaran Dapat Sebabkan Gangguan Kaki (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Sepatu yang bentuk dan motifnya lucu kadang jadi pilihan Mama dalam memilih sepatu bagi si kecil. Ternyata tidak hanya bentuknya saja, Mama perlu memilih sepatu anak yang nyaman dan aman. Di usia sebelum lima tahun, anak sedang belajar melatih koordinasi tubuhnya. Berikut panduan yang bisa Mama lakukan dalam memilih sepatu untuk anak belajar jalan.

Baca juga: Biasakan anak memakai sepatu, bukan sandal

Ukuran yang pas jadi indikator penting dalam membeli sepatu. Jangan membeli ukuran yang mengira-ngira. Usahakan si kecil memang sudah mencoba ukuran sepatu tersebut. Kesalahan lain yang kerap dilakukan adalah menggunakan sepatu lungsuran dari si kakak. Hal ini tentu boleh dilakukan asalkan memang pas ukurannya dan perlu diingat bahwa pertumbuhan anak sangat pesat. Jadi, usahakan tidak menggunakan sepatu yang kekecilan.

Salah satu indikator ukuran sepatu yang tidak pas adalah jari-jari yang cenderung melengkung ke bawah. Selain itu mengukur dengan menggunakan kaus kaki dapat menjadi patokan ukuran yang pas. Selain itu coba masukan jempol Mama di ujung sepatunya. Minimal ada jarak sekitar 1 hingga 2 cm antara ujung kaki dan ujung sepatu si kecil.

Baca juga: 5 kesalahan orangtua dalam memilih sepatu anak

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagian tumit. Pastikan bagian tumit tidak terlalu longgar karena akan menyebabkan risiko tersandung. Tumit yang terlalu menempel pada bagian belakang akan menyebabkan lecet jika digunakan belajar berjalan. Tidak hanya ukuran sepatu dan kaki yang harus pas, sepatu dengan model terlalu berlebihan tidak direkomendasikan bagi anak yang belajar berjalan.

Hindari sepatu dengan model runcing, high heels atau bentuk yang terlalu berlebihan karena sangat tidak cocok bagi anak yang masih belajar berjalan. Sepatu tersebut tidak memberikan bantuan dan keseimbangan bagi anak yang baru belajar berjalan. Mama juga perlu menghindari sepatu yang terbuat dari karet atau plastik. Gunakan sepatu yang terbuat dari kanvas, kain atau kulit sehingga membantu sirkulasi udara yang baik di area kaki.

Baca juga: Tip memilih sepatu anak usia 1 tahun

Bagian bawah sepatu juga perlu diperhatikan dalam memilih sepatu untuk anak belajar berjalan. Sepatu harus memiliki sepatu dengan alur yang kasar namun tidak terlalu dalam. Alas sepatu yang terlalu halus dan licin sangat mudah membuat anak terjatuh. Sementara alas sepatu yang terlalu dalam akan membuat anak tersangkut benda saat berjalan.