Persiapan Agar Sukses Menyusui Sampai Bayi Berusia 6 Bulan

By Gisela Niken, Selasa, 13 Desember 2016 | 03:15 WIB
Rambu-Rambu Menyusui (Faras)

Tabloid-Nakita.com – Menyusui menjadi tantangan bagi banyak Mama. Tak perlu khawatir akan masalah dan tantangan yang datang seputar menyusui, ada beberapa persiapan dan hal-hal yang perlu Mama lakukan agar sukses menyusui. Persiapan ini sangat baik agar Mama bisa sukses menyusui sampai enam bulan. Persiapan dilakukan mulai dari sebelum melahirkan hingga sesudah melahirkan.

Baca juga: Penyebab mastitis payudara pada ibu menyusui yang perlu diwaspadai

Sebelum melahirkan

Persiapan matang sangat penting agar sukses menyusui. Mama perlu banyak belajar dari dokter hingga konsultan laktasi untuk menyiapkan diri dalam menghadapi masalah seperti meningkatkan pasokan ASI serta cara mengatasi payudara yang nyeri akibat menyusui. Mama juga perlu mendapatkan dukungan dari pasangan agar selama enam bulan proses menyusui berjalan dengan lancar.

Baca juga: Menyusui sebelah payudara saja, normalkah?

Sesaat setelah melahirkan

Usahakan Mama melakukan menyusui dini sesaat setelah melahirkan. Refleks mengisap bayi sangat kuat sekitar 30 hingga 60 menit setelah lahir. Maka, sesaat setelah lahir Mama bisa mencoba untuk menyusui. Jangan lupa minta bantuan tenaga kesehatan di rumah sakit agar Mama sukses melakukan proses menyusui dini ini. Sebelum meninggalkan rumah sakit, Mama juga sebaiknya memastikan mendapatkan informasi yang cukup agar lancar menyusui.

Baca juga: 5 kiat sukses menyusui bagi ibu bekerja

Saat sudah berada di rumah

Agar menyusui dengan lancar, Mama perlu memilih ruangan yang damai dan tenang. Di awal-awal setelah melahirkan, perasaan tenang sangat baik agar produksi ASI semakin lancar. Pilih pula tempat yang nyaman untuk menyusui seperti sofa atau tempat tidur. Pastikan tubuh terasa rileks saat menyusui agar produksi ASI semakin lancar. Mama juga perlu mencoba berbagai posisi menyusui untuk mendapatkan posisi yang pas. Berganti payudara juga penting agar Mama dan si kecil tidak terbiasa menyusui dari sebelah payudara saja.

Salah satu masalah yang kerap membuat berhenti menyusui adalah pasokan ASI yang kurang serta nyeri pada payudara. Untuk itu, Mama perlu menyusui secara intens untuk membantu agar sukses menyusui sampai enam bulan. Produksi Asi dipengaruhi oleh frekuensi, intensitas dan durasi mengisap. Memotong durasi menyusui hingga mengurangi intensitas menyusui di awal kehidupan bayi akan berpengaruh pada produksi ASI.