Penyebab Persalinan Prematur yang Perlu Diwaspadai

By Gisela Niken, Selasa, 13 Desember 2016 | 06:45 WIB
Merawat Bayi Prematur di Rumah (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Salah satu risiko yang perlu dihindari saat hamil adalah kelahiran prematur. Kondisi ini bisa dicegah jika Mama mengetahui penyebab persalinan prematur. Mama sebaiknya menghindari faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang terjadinya persalinan prematur. Berikut daftar penyebab yang sebaiknya Mama waspadai dan hindari.

Baca juga: Kiat sukses menyusui bayi prematur

1.Merokok

Ketika Mama merokok, Mama akan menghirup sekitar 4.000 bahan kimia. Setiap asap yang dihirup juga akan membuat nikotin dan karbon monoksida terdapat di dalam tubuh Mama. Nikotin dapat mempersempit pembuluh darah termasuk pada tali pusat yang berfungsi untuk memasok oksigen dan nutrisi kepada janin. Karbon monoksida yang menempel pada sel darah merah akan meningkatkan risiko persalinan prematur hingga kematian pada janin.

2.Minum kopi lebih dari dua cangkir

Kandungan kafein dalam minuman kopi dan dari sumber manapun dapat membuat bayi sulit hidup di dalam rahim. Kafein berfungsi sebagai stimulan yang dapat meningkatkan denyut jantung. Selain itu, kafein dapat meningkatkan sakit maag dan tingkat keasaman dalam tumbuh. Kehamilan akan membuat tubuh susah mencerna kafein sehingga tingkat kafein dapat berlebihan di dalam tubuh. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan keguguran dan persalinan prematur.

Baca juga: Merawat bayi prematur di rumah

3.Kelebihan berat badan

Ada alasan mengapa Mama perlu waspada dengan makanan yang dikonsumsi. Mama sebaiknya mengatur jumlah kalori serta gula yang masuk ke dalam tubuh. Peningkatan kalori yang berlebihan dapat meningkatkan Mama mengalami preeklamsia serta diabetes gestasional. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko persalinan prematur.

4.Terlalu banyak olahraga

Berolahraga yang berlebihan selama kehamilan tentu buruk bagi kesehatan Mama dan janin. Hindari latihan berat yang bisa memberikan tekanan pada perut. Olahraga seperti jalan atau berlari dengan jarak berlebihan bisa memicu persalinan prematur. Olahraga berat saat hamil perlu ada pendampingan khusus dari dokter.

Baca juga: 7 faktor penyebab bayi lahir prematur

5. Stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Physiology mengungkapkan stres dapat menjadi penyebab persalinan prematur. Peningkatan kadar hormon stres dapat memicu rasa lapar tetapi mengurangi kemampuan plasenta untuk menyalurkan nutrisi ke janin. Kondisi ini dapat menyebabkan berat badan janin berkurang dan memperlambat perkembangan janin.