6 Cara Mudah Cegah Stretch Marks

By Faras Handayani, Selasa, 13 Desember 2016 | 23:15 WIB
Ada cara mudah atasi stretch marks saat hamil. (Faras Handayani)

Tabloid Nakita.com - Apa itu stretch marks? Stretch marks adalah tanda parut  berupa guratan-guratan putih atau merah yang memanjang dengan pola yang tidak beraturan. "Diperkirakan  90% ibu hamil mengalami stretch marks. Adanya peregangan pada kulit yang berlebihan saat hamil dan berat badan ibu yang naik drastis merupakan salah satu penyebabnya," jelas dermatologist, dr. Sarah Hutapea, SpKK, pada talkshow hasil kerja sama  nakita dan Bio-Oil bertema “Be a Confident Mother with Bio Oil”, di Belleza Suites, Jakarta (26/11).

Menurut dr. Sarah, mencegah terjadinya stretch marks tentu akan jauh lebih baik daripada harus mengobatinya.  Dokter kulit yang cantik ini pun lantas  memberikan beberapa tip praktis untuk mencegah stretch marks:

1. Gunakan pelembap secara rutin dan  sedini mungkin  demi menjaga kelembapan dan keelastisitasan kulit perut.

 2. Jaga kondisi kenaikan berat badan ibu hamil  agar  tidak terlalu drastis.

3. Konsumsi air putih minimal  8 gelas per hari  agar elastisitas kulit terjaga.

4. Jangan menggaruk perut ketika terasa gatal akibat peregangan.

5. Lakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil agar sirkulasi darah dan oksigen lancar.

6. Konsumsi makanan sehat, berserat, seperti buah dan sayur yang kaya akan vitamin A, C, E.

Gunakan Pelembap Sejak Awal Trimester 2

Bagaimana bila ibu hamil sudah mengalami stretch marks? Nurhayatini, Product Manager PT. Radiant Sentral Nutrindo, menjelaskan untuk mencegah dan mengatasi stretch marks,  ibu hamil dapat menggunakan produk Bio-Oil.  Sebab, Bio-Oil aman digunakan oleh ibu hamil dan merupakan produk spesialis perawatan kulit yang secara uji klinis telah terbukti dapat memperbaiki penampakan stretch marks setelah 8 minggu pemakaian.

Untuk pencegahan stretch marks, Bio-Oil dapat digunakan dari awal trimester kedua pada area-area  yang rentan terhadap stretch marks,  seperti pada perut, payudara, paha, pinggul, punggung bawah, dan bokong.

“Untuk menghilangkan stretch marks, oleskan Bio-Oil pada area yang bermasalah dua kali sehari.  Pijat dengan lembut menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar arah jarum jam hingga benar-benar terserap,” saran Tini.