Bayi Bangun Tidur Langsung Menangis, Normalkah?

By Gisela Niken, Jumat, 23 Desember 2016 | 02:45 WIB
Anak Tiba-tiba Menangis Saat Tidur Malam, Kenapa Ya? (Dini)

Tabloid-Nakita.com – Tidur bayi menjadi hal yang penting bagi tumbuh kembangnya. Namun, ada salah satu masalah umum yang kerap dialami banyak Mama yakni ketika bayi bangun tidur langsung menangis. Kira-kira adakah masalah yang terjadi jika si kecil terbangun kemudian menangis keras?

Baca juga: 10 cara menenangkan bayi yang menangis

Bayi khususnya bayi yang baru lahir bisa bangun sebanyak tiga hingga empat kali. Semakin tua usianya, semakin jarang ia terbangun. Beberapa hal yang mungkin terjadi antara lain masalah psikologis seperti mimpi buruk dan kualitas tidur yang buruk. Anak biasanya merasa tidak nyaman sehingga ia terbangun dan cenderung menangis.

Selain itu, anak yang lapar juga bisa menjadi penyebab hal ini. Saat lapar, bayi akan merasa gelisah dan pikirannya justru menjadi aktif. Kondisi ini dapat mengakibatkan terbangun. Mama perlu mengatur pola makan anak sehingga ia bisa tidur dengan nyaman dan tidak merasa terganggu saat tidur di malam hari.

Baca juga: Siapa bilang menangis menguatkan paru-paru bayi?

Berbeda dengan orang dewasa, bayi tidak dapat menyelesaikan masalah mereka sendiri. Rasa nyeri dapat menjadi alasan mereka bangun secara tiba-tiba. Masalah pencernaan seperti perut kembung dan nyeri kembung jadi penyebab umum yang dapat membuat anak terbangun sambil menangis. Maka, penting bagi Mama untuk memilih makanan yang aman untuk perutnya jelang waktu tidur si kecil.

Si kecil yang merasa takut juga bisa jadi penyebab ia terbangun dan menangis. Bayi bisa merasa tidak nyaman dengan situasi yang gelap dan hening. Mama perlu melatih situasi tidur pada bayi agar ia tidak merasa kaget dengan situasi malam hari. Menciptakan kamar tidur yang nyaman baginya. Suhu kamar yang terlalu panas atau dingin juga mungkin terjadi. Kecemasan berpisah juga mungkin menjadi penyebab anak tidak nyaman dan terbangun.

Baca juga: Trik mudah menenangkan bayi menangis

Ternyata ada banyak penyebab bayi bangun tidur langsung menangis. Mama perlu melatih si kecil untuk sering berada di tempat tidurnya. Biarkan ia merasakan bagaimana tidur dengan nyaman di kamarnya. Biarkan ia tidur pada siang hari di kamar atau tempat tidurnya agar terbiasa berada di tempat tersebut.