Jangan Mudah Stres Saat Mengasuh Bayi, Ini Dampaknya untuk Si Kecil!

By Gisela Niken, Rabu, 28 Desember 2016 | 21:45 WIB
Cermat Atasi Stres Usai Melahirkan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Duh, mengasuh bayi khususnya bagi Mama baru adalah hal yang sulit dan bikin stres. Namun, sebaiknya Mama jangan mudah stres saat mengasuh bayi. Tahukah Mama bahwa terdapat dampak ibu stres terhadap bayi yang perlu Mama ketahui. Perasaan bayi teryata cerminan dari apa yang Mama rasakan.

Baca juga: Riset: Ketimbang ayah ibu lebih stres saat mengasuh anak, ini alasannya yang tidak terduga!

Bayi ternyata layaknya seperti spons. Mereka menyerap informasi dari dunia sekitar dan belajar dengan cepat. Bayi juga mengawasi Mama dan sekitarnya. “Sejak lahir, bayi menangkap isyarat emosional dari orang lain. Bahkan, bayi bisa belajar untuk menentukan reaksi tehadap situasi dengan cara mencontoh orang sekitarnya,” ujar Jennifer E. Lansford, PhD, seorang profesor di Duke University.

Saat Mama mengalami stres, dengan mudah stres dapat menular kepada bayi. Selain itu, orangtua yang mudah stres juga cenderung responsif terhadap isyarat bayi. Stres menyebabkan pengasuhan jadi kurang sensitif. Jadi jangan heran jika bayi akan cenderung ikut mudah rewel jika Mama merasa stres. Terdapat beberapa jenis stres yang kerap dialami oleh orangtua. Stres ringan yang hanya sebatas merasa tidak nyaman dan bingung hingga stres yang bisa berdampak pada penelantaran bayi dan malas mengurus bayi.

Baca juga: Stres menjadi ibu? Lakukan lima langkah sederhana berikut ini

Mama dan Papa perlu mencari tahu sumber masalah jika stres saat sedang mengasuh bayi. Usahakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Meski sedang mengasuh anak, tetaplah fokus untuk mengurus diri sendiri misalnya dengan makan dan tidur yang cukup serta olahraga. Jangan ragu untuk mendapatkan bantuan dari orang-orang sekitar untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: Stres pada ibu dapat pengaruhi berat badan bayi

Setelah melihat dampak ibu stres pada bayi, Mama juga perlu meningkatkan hubungan dengan si kecil. Cobalah untuk sering membuat kontak mata dan sentuhan dengan si kecil. Memeluk bayi dan membuatnya hangat dengan selimut menjadi cara untuk mencegah bayi ikut stres. Bayi yang stres biasanya rewel, sering menguap dan sering menghindari kontak mata.