Hamil Jadi Tak Suka dengan Makanan Kesukaan

By Dedeh Kurniasih, Selasa, 3 Januari 2017 | 04:30 WIB
Wajarkah jika saat hamil jadi tak suka makanan yang disukai? (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Berbagai keluhan yang dirasakan ibu hamil tentulah terkait dengan ketidaknyamanan fisik yang dirasakan. Pada trimester pertama, misalnya, umumnya ibu hamil akan mengalami mual muntah, sering pusing atau sakit kepala, lemas, kurang nafsu makan, juga susah BAB alias sembelit.

Baca: Siap-siap, Morning Sickness Bisa Terjadi Sepanjang Hari!

Mual muntah adalah keluhan paling sering pada trimester pertama. Mual muntah biasanya lebih sering terjadi di pagi hari (morning sickness) dan mungkin bisa berlanjut sepanjang hari. Penyebabnya dipicu oleh peningkatan kadar hormon estrogen.

Pada trimester pertama, otot-otot traktus digestivus juga menurun, sehingga motilitas gerakan usus berkurang. Makanan yang dicerna akan lebih lama di lambung dan usus sehingga menimbulkan obstipasi/susah BAB yang juga merupakan keluhan paling sering pada bumil. Keluhan tersebut bisa disertai dengan nafsu makan yang kurang akibat mual muntah, sehingga menyebabkan bumil menjadi lemas karena asupan makanan yang kurang.

Baca: Masih Mual Saat Trimester Ketiga, Normalkah?

Yang juga sering terjadi, ibu hamil jadi tidak suka lagi dengan makanan kesukaan.

“Dulu waktu hamil, aku tidak suka makan bakso. Padahal sebelum hamil, aku bisa dikatakan penggila makanan yang satu itu. Entah kenapa, ketika hamil aku jadi tidak suka bakso. Jangankan mencicipinya, mencium baunya saja sudah mual-mual. Tapi, begitu melahirkan, langsung doyan lagi dan jadi maniak bakso sampai sekarang,” ujar Mama Widiya Ayu, seperti diungkapkan di Nakita Fanpage di Facebook.

Hal yang serupa disampaikan Mama Septin Helis. "Waktu hamil, aku yang suka banget sama brokoli mendadak anti dengan sayuran satu ini. Setiap pulang kerja yang terbayang makan soto kudus, soto semarang tanpa bosan-bosannya. Hahaha….”

Baca: 3 Mitos tentang Morning Sickness yang Keliru

Mengapa ibu hamil jadi tidak suka dengan makanan kesukaannya? Pada wanita hamil, kadar asam lambung biasanya tinggi. Ini bisa berdampak juga pada indra perasa di lidah. Karena adanya asam lambung yang naik sampai ke lidah lantaran terdorong ke atas, sehingga berakibat pada perubahan citarasa terhadap makanan. Di samping, ada pula perubahan persepsi pada indra penciuman yang dapat juga berdampak pada perubahan cita rasa terhadap makanan.

Baca: Berapa Lama Morning Sickness Berlangsung?

Nah, jadi tak perlu heran ya, Mam, kalau saat hamil jadi tak suka lagi dengan makanan favorit.

Narasumber: Dr. Alfiben, SpOG, RS Permata Depok Dr. Merry, SpOG, Eka Hospital BSD, Tangerang Selatan