Menurut Ahli, Ini Kunci Sukses Mendidik Anak dengan Baik dan Benar

By Gisela Niken, Rabu, 4 Januari 2017 | 21:15 WIB
5 Kiat Mendidik Anak (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Mendidik anak memang jadi tantangan bagi kita khususnya orang tua millenials yang cenderung masih baru. Ternyata terdapat beberapa rahasia yang bisa Ibu lakukan sebagai orang tua dalam mendidik anak. Seperti yang dipublikasikan dalam situs resmi Harvard, beberapa ahli parenting mengungkapkan strategi untuk mendidik anak dengan baik dan benar.

Baca juga: Sudah benarkah mendidik anak?

1.Ajarkan anak untuk mengontrol emosi mereka

Rasa marah, sedih dan kekecewaan memang sangat mudah memengaruhi kita sebagai manusia apalagi si kecil. Maka, kita perlu mengajarkan anak mengenai caranya mengatasi emosi negatif.  Misalnya saat ia merasa ingin marah dan tidak sabaran, ajarkan untuk tetap tenang dengan bernapas dalam-dalam selama beberapa kali agar tetap tenang. Ibu juga perlu jadi contoh yang baik dalam meluapkan emosi.

2.Mengajarkan bahwa ada konsekuensi dari setiap tindakan mereka

Mengajarkan disiplin pada anak bisa dimulai dengan menjelaskan konsep bahwa apa yang dilakukan pasti ada konsekuensinya. Misalnya saat ia membuang sampah sembarangan, beri pemahaman bahwa sampah dapat merusak alam dan mengakibatkan bencana alam seperti banjir. Jelaskan pula pada si kecil bahwa mereka harus bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Misalnya saat mereka tidur terlalu larut, ia akan mudah lelah pada keesokan harinya.

Klik halaman selanjutnya di sini