Video Ini Tunjukkan Bayi yang Lahir Masih dalam Kantung Ketubannya

By Dini Felicitas, Rabu, 18 Januari 2017 | 21:45 WIB
Bayi ini lahir masih dalam kantung ketubannya. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Tanda-tanda ibu yang mau melahirkan antara lain kantung ketuban yang sudah pecah, sehingga cairan ketuban merembes keluar. Tetapi, ada juga ibu hamil yang tidak menunjukkan tanda-tanda ini. Malahan, si bayi kemudian lahir masih di dalam kantung ketubannya di mana ia tumbuh dan berkembang selama ini. Ajaib, bukan?

Umumnya, kantung ketuban memang pecah sendiri saat persalinan (biasa disebut pecah ketuban), atau dirobek dengan pisau bedah saat operasi caesar. Namun dalam video ini Mama bisa melihat bagaimana kantung ketuban yang masih utuh, dengan bayi yang terlihat meringkuk di dalamnya, lengkap dengan tali pusar yang memberinya oksigen. Boleh dibilang, ini fenomena indah yang hanya terjadi dalam satu dari setiap 80.000 kelahiran normal.

Video milik Jasmine Perez ini menangkap momen langka ketika bayi lahir dengan selaput yang melindungi seluruh tubuhnya. Bayi di dalam kantung ketuban itu dibaringkan di meja rumah sakit tak lama setelah dilahirkan. Si bayi tampak bergerak-gerak, untuk menunjukkan bahwa dirinya siap untuk lahir ke dunia. Dokter beberapa kali mengelap cairan yang menempel di selaput tersebut, bahkan menyentuh lengan mungilnya yang bergerak-gerak.

Sesaat kemudian sang dokter tampak meminta gunting, dan kemudian dengan sedikit robekan, selaput itu terbuka. Dokter melebarkan robekannya, dan segera bayi itu meluncur keluar diikuti tumpahnya cairan ketuban. Tubuh si bayi tampak biru, dengan lapisan warna putih menempel di sekujur tubuhnya. Lapisan itu tak lain vernix caseosa, yaitu lapisan lemak yang melindungi suhu tubuh bayi begitu pertama kali lahir, sehingga bayi tidak mengalami hipotermia.

Menurut dr. Purnawan Senoajdi, SpOG, DTMH, lapisan lemak ini tidak perlu langsung dibersihkan. Bayi baru lahir juga tidak perlu segera dimandikan. "Jika vernix caseosa dibersihkan sedangkan bayi belum mulai beradaptasi, maka suhu tubuh bayi akan tiba-tiba turun dan terjadi hipotermia. Biarkan selama 2 jam pertama," jelas Purnawan pada Tabloid Nakita.

Bayi yang lahir dalam kantung ketuban juga bisa terjadi dalam persalinan caesar. Menurut Dr. Gino Pecoraro, dokter kandungan dan kebidanan dari Brisbane, Australia, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan bayi yang lahir dalam kantung ketubannya. Meskipun kantung ketuban sudah dirobek, plasenta masih menyatu di dinding rahim, sehingga suplai oksigen dan nutrisi untuk bayi masih terjadi.

Penempatan plasenta tersebut juga tergolong normal. Orang yang tidak tahu seperti apa kerumitan yang ada di dalam lingkungan perut atau rahim mungkin akan menganggapnya tidak aman, tetapi tidak begitu dengan tenaga medis yang sudah terlatih.

Dari USG, dokter juga dapat melihat bagaimana bayi membuat gerakan-gerakan mengisap, memasukkan tangan ke mulut, tersenyum, bahkan melambaikan tangan. Bayi dapat melakukan semua mekanisme wajah, kecuali menangis. Bayi mungkin hanya sedang menggerakkan mulutnya saja.

"Intinya, meskipun hal ini jarang terjadi, situasinya hanya terjadi sekitar 10 detik. Kita bisa saja butuh waktu lebih lama untuk mengeluarkan bayi selama persalinan caesar yang sulit, tapi menurut saya apapun yang terjadi di sini aman," katanya.

Melalui akun Instagram @TabloidNakita, banyak teman pembaca mengaku dulunya juga lahir, melahirkan, atau menyaksikan persalinan dalam keadaan seperti itu. "Saya melahirkan scr caesar dan dua2nya keluar dalam keadaan ketuban masih utuh, dokter yang memberitahu saya, jd stl diluar baru dipecahkan," kata @bjmoms.

"Beselumur kalo kata orang kalimantan, kepercayaan disini bayi yg lahir seperti diatas itu memiliki kelebihan.. dan itu ditentukan tergantung dr bagaimana caranya ortu merobek pembungkusnya, misalnya pake kuku, jd nanti bayi itu bakalan luka hebat kalo kena cakaran.. misal pake gigi, kelemahannya bila dia digigit dsb gitu dah haha.. #mitos," ujar @niakurniaty16.

"Paman saya lahirnya juga seperti itu, konon, kata orang kampung, anaknya nanti kuat, gak mudah sakit!" ungkap @sagitawela.

"Di ambon banyak yg lahir kyak gitu... disini istilahnya lahir pakai sarung..." seru @valentinofareck.

"Katanya punya indra ke 6 kalau bayi yg terbungkus kantung," beber @fvshopbags.

Nah, Mama ingin tahu bagaimana kondisi bayi yang lahir masih dalam kantung ketubannya? Lihat videonya di sini: