5 Kebiasaan Ibu Ini Justru Membuat Anak Susah Makan

By Gisela Niken, Kamis, 2 Februari 2017 | 04:59 WIB
Lakukan Kebiasaan ini Sejak Bayi untuk Cegah Anak Susah Makan (Puri)

Nakita.id – Duh, anak saya susah makan! Apakah karena makanannya kurang menarik? Atau mungkin ada kebiasaan kita yang salah pada saat memberinya makan? Ternyata, memang ada beberapa kebiasaan ibu yang justru menyebabkan anak susah makan. Sebenarnya maksudnya baik agar anak bisa makan banyak dan sehat, tetapi caranya saja yang kurang tepat.

1. Mengiyakan ketika anak pilih-pilih makanan.

Banyak ibu yang beranggapan bahwa anaknya memang tidak suka makan sayur atau bahan makanan tertentu, sehingga dibiarkan begitu saja. Padahal, kondisi ini normal terjadi  saat anak menginjak usia dua tahun. “Pertumbuhan anak memang melambat pada usia dua hingga tiga tahun yang diikuti dengan penurunan nafsu makan. Anak berpotensi jadi picky eater atau hanya suka makanan-makanan tertentu pada usia ini,” ujar Rita Yumarilis, DCN, MKes, ahli gizi. Karenanya, Ibu hanya perlu siasat lebih untuk mengatasi kondisi pertumbuhan ini. Misalnya lebih banyak mengenalkan beragam makanan dan menjadikan waktu makan sebagai momen yang menyenangkan. Menemani si kecil makan juga akan membantunya ikut senang makan makanan yang disajikan untuknya.

Baca juga: Yang harus Mama lakukan saat anak susah makan

2. Memberikan terlalu banyak pilihan makanan.

Menawari si kecil mau makan apa sebetulnya memang baik agar ia merasa dilibatkan dan dihargai. Namun, jika pilihan ini dibebaskan sepenuhnya pada anak, maka kemungkinan besar negosiasinya akan semakin alot dan ujung-ujungnya bikin repot. Karena itu, pilihannya perlu dibatasi sehingga anak tidak mudah menolak dan malah memilih makanan yang itu-itu saja. Dalam buku Fearless Feeding How to Raise Healthy Eaters from High Chair to High School karangan Maryann Jacobsen dikatakan, orangtua perlu merencanakan menu makanan anak, misalnya untuk rentang waktu satu minggu, dan tidak terpancing untuk memberinya makanan di luar perencanaan itu.