Bayi Sulit Makan? Lakukan ini Bu

By Avrizella Quenda, Kamis, 2 Februari 2017 | 08:30 WIB
Problem Seputar Tekstur MPASI yang Sering Terjadi (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi usia 6 bulan ke atas, kini mama mulai memberi makanan padat. Namun, ada saja reaksi penolakan yang diberikan oleh si kecil. Dari menarik diri dari sendok, mengerutkan kening, meringis hingga merengek kesal. Lalu bagaimana jika bayi tidak mau makan?

Bayi sebenarnya akan lebih mudah menerima makanan yang masuk ke dalam mulutnya, namun beberapa kasus adapula bayi yang terlalu sensitif dengan beberapa makanan tertentu. Sehingga mama harus berjuang keras agar si kecil mau makan tanpa pilih-pilih makanan. Berikut beberapa saran dari pengalaman Wendy Wisner tentang menghadapi bayi yang sulit menerima makanan padat:

1. Ada berbagai hal besar mengenai kesiapan makanan padat.

The Academy of American Pediatrics merekomendasikan bayi mulai dapat menerima makanan padat sekitar usia 6 bulan, tetapi hal ini merupakan perkiraan. Tahap memberikan bayi makanan padat adalah proses pembelajaran dan jika bayi mama berpaling atau tampaknya tidak tertarik, mungkin saja belum waktu yang tepat.

Baca juga: 10 Kiat Sukses Beri MPASI

2. Coba tekstur dan rasa yang berbeda.

Beberapa bayi menolak jika disuapi bubur. Beberapa bayi juga akan berusaha mengambil sendok Ibu dan makan sendiri. Tugas Ibu adalah mencari tahu selera makanan bayi agar tetap doyan makan.

3. Jangan mendengarkan dari buku, internet, bahkan dokter sekalipun. Dengarkan keinginan bayi mama.

Sudah cari tahu dan tanya ke sana ke mari tapi jawaban yang diterima Ibu berbeda-beda. Mana yang salah, mana yang benar? Tapi sebenarnya Ibu jangan terlalu ambil pusing, karena yang tahu lebih baik adalah bayi Ibu. Terkadang mereka lebih tahu mana makanan yang menurut mereka cocok diterima tubuhnya. Jangan terlalu dipaksakan ya, Bu.

Baca juga: Jangan Percaya 5 Mitos Tentang Makanan Bayi Ini

4. Selidiki kesehatan organ pencernaan bayi.

Kadang-kadang bayi memiliki masalah ketika makan. Entah itu kesulitan dalam menelan makanan tertentu atau bayi memiliki alergi sehingga sulit mencerna makanan dengan baik. Jika sudah terjadi, sebaiknya mama segera membawa bayi mama ke dokter untuk penanganan dini.