8 Hal ini akan Dialami Anak ketika Berumur 2 Tahun

By Avrizella Quenda, Kamis, 2 Februari 2017 | 09:15 WIB
Bermain adalah ketrampilan sosial yang harus berkembang di usia batita. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Menginjak usia yang ke dua, anak akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik maupun psikis.  Di usianya ini, anak biasanya memiliki rasa ingin tahu, suka memperhatikan atau meniru, serta perilaku dan sikapnya yang tidak disangka-sangka.

Mama dan papa sebaiknya perlu tahu 10 hal yang akan dialami ketika anak telah genap berusia 2 tahun:

# 1: Anak Sangat Bersemangat

Ayah dan Ibu  sebaiknya tidak melewatkan fase tumbuh kembang anak. Meskipun disibukkan dengan segala aktivitas dan sibuknya pekerjaan, orangtua perlu meluangkan waktu bersama anak. Anak berumur 2 tahun memiliki sikap yang mudah gembira dan bersemangat, bahkan bisa disebut pula hiperaktif.

Baca juga: Cara Membedakan Anak Aktif dan Anak Hiperaktif

# 2: Anak menjadi pengamat

Di usia dua tahun biasanya bisa menjadi pemicu masalah antara orang dewasa karena anak dengan polos mengamati dan berbicara secara terus terang dari apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Maka, orangtua harus lebih berhati-hati dalam bertindak dan bertutur kata di depan anak.

# 3: Anak Menirukan Perilaku Orangtuanya

Ayah dan Ibu pasti heran kan ketika melihat anak menari, menyanyi atau menggerakkan tubuh seperti orang dewasa? Pasti akan muncul pertanyaan, Belajar dari mana? Kenapa bisa? Nah, di usianya yang kedua ini anak menjadi the best learner dari yang orangtuanya lakukan setiap hari di rumah.

Baca juga: Mengapa Anak Senang Meniru Orangtua?

# 4: Anak Membuat Relasi Pertemanan

Anak usia dua tahun akhirnya siap untuk mulai membangun persahabatan dengan anak-anak lainnya. Anak dengan usia dua tahun mulai berinteraksi dengan anak-anak lain, mereka bermain kejar-kejaran dan cekikikan satu sama lain. Tentu, mereka juga akan saling tubruk atau berteriak satu sama lain.