Kesalahan yang Jadi Penyebab Berat Badan Anak Susah Naik

By Gisela Niken, Rabu, 8 Februari 2017 | 21:25 WIB
Cara Menaikkan Berat Badan Anak dengan Sehat dan Alami (Gisela Niken)

Nakita.id – Duh, si kecil kok kurus terus ya? Adakah yang salah? Ternyata, ada banyak hal yang kerap dilakukan oleh Ibu tetapi justru membuat berat badan anak jadi tak kunjung naik. Kesalahan dalam memberi makan ini kadang tidak disadari oleh para Ibu. Disangka sudah memberikan makanan yang cukup tetapi ternyata belum mampu memenuhi kebutuhan gizi anak.

Baca juga: 5 makanan untuk menaikkan berat badan bayi

1. Memaksa anak makan.

Banyak Ibu yang cenderung tidak membiasakan anak dengan jadwal dan pola makan tertentu. Hal ini menyebabkan anak merasa cemas dan terpaksa saat makan. “Dorong anak untuk menikmati makanan dengan baik dan santai. Cobalah untuk membuat jadwal rutin untuk makan besar dan makanan ringan,” ujar Sasha Watkins, RD, salah seorang konsultan diet di The Food Coach Ltd.

2. Tidak memedulikan kalori yang masuk.

Kadang saat memberi anak makan, Ibu hanya fokus pada bagaimana caranya supaya anak mau makan tetapi tidak memedulikan apa yang masuk ke dalam tubuh anak. Tak jarang, dengan pertimbangan daripada anak tidak makan apa-apa, Ibu membiarkan anak  mengonsumsi makanan ringan yang kurang sehat seperti permen dan keripik. Jenis makanan tersebut jelas tidak menyumbang bagi kebutuhan gizinya. Pastikan pula anak mendapatkan asupan lemak sehat yang datang dari susu, olahan susu, dan buah seperti alpukat.

Baca juga: Cara menaikkan berat badan anak dengan sehat dan alami

3. Tidak menyiasati menu camilan.

Ibu kerap hanya fokus pada makanan besar sehingga melupakan gizi yang bisa disumbang dari makanan selingan. Karenanya, pilih makanan selingan yang bisa menambah kalori dari kandungan karbohidrat, protein, dan lemak  untuk membantu berat badan anak naik. Katie Serbinski MS, RD, seorang ahi gizi merekomendasikan beberapa panduan dalam menyiapkan camilan. Buatlah aneka olahan buah dan susu untuk dikonsumsi pada jam makan selingan, misalnya smoothies yakni minuman dari jus buah yang dicampur susu. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga direkomendasikan untuk asupan kalori yang lebih baik.

Baca juga: Anak terlalu kurus? Ini pola makan yang bisa menaikkan berat badan anak

4. Membiarkan anak makan sambil menonton televisi dan main gadget.

Berat badan anak yang tidak normal juga bisa dihubungkan dengan waktu makan yang kurang fokus. Kegiatan menonton televisi atau  main gadget mungkin mengganggu nafsu makannya. Banyak Ibu yang mengeluh kalau tidak dengan gadget anak tidak mau diam dan susah makan. Itu artinya, anak membutuhkan waktu makan yang menyenangkan bersama Ibu dan anggota keluarga yang lain. Carilah cara agar anak terhibur sekaligus fokus pada makanannya.