Tips Mengenalkan Warna pada Anak tanpa Membuatnya Bingung

By Deonisia Arlinta, Jumat, 10 Februari 2017 | 03:15 WIB
Mengajarkan warna pada anak bisa mulai dengan mengamati benda-benda di sekitarnya. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Sudah sampai mana pelajaran baru yang Mama berikan untuk si kecil? Jika sudah sampai mengajarkan warna pada anak, berarti Mama harus melakukan beberapa tips berikut ini! Efektif atau tidaknya proses belajar yang diberikan akan sangat bergantung pada bagaimana cara Mama ketika mengajarkan anak tentang warna, lho!

1. Sebutkan nama warna pada benda dan makanan yang dilihat sehari-hari. Misalnya, "Sendok Adek ini warnanya hijau", atau "Tolong ambilkan piring warna kuning di sana".

2. Ketika Mama menyebutkan warna, lakukan secara perlahan-lahan, mulai dari satu warna yang sama yang terdapat pada beberapa benda di sekitar anak. Misalnya, tunjukkan semua barang yang berwarna coklat, seperti meja, kursi, lemari, lantai, dan makanan, kemudian sebutkan satu-satu beserta wana "co-klat".

3. Lakukan permainan yang melibatkan banyak warna, seperti fingerpainting. Ketika melakukan permainan ini, siapkan cat yang memang aman untuk dioleskan pada kulit si kecil. Pastikan anak tidak memiliki alergi dengan bahan tersebut ya, Mam!

4. Bacakan buku tentang warna. Saat ini sudah banyak tersedia buku khusus untuk anak yang di dalamnya disertai materi untuk belajar mengenai warna. Selain belajar warna, cara ini juga bisa membantu anak terbiasa membaca buku.

5. Tunjukkan antusiasme Mama dan perasaan senang ketika mengenalkan anak terhadap warna. Suasana yang menyenangkan akan membuat anak terus bersemangat memelajari warna-warna baru tanpa rasa bosan.

Memelajari warna merupakan salah satu hal yang menyenangkan untuk dipelajari oleh anak. Selain menarik perhatiannya, warna juga akan melatih pengelihatannya akan berbagai perbedaan di penglihatannya. Mama bisa secara perlahan mengajarinya sambil mewarnai, menggambar, atau menyebutkannya saat sedang berjalan-jalan ke taman kota.

Lingkungan yang ramah anak dan penuh dengan warna akan membantu Mama untuk secara berulang mengenalkan berbagai warna yang baru kepada si kecil. Agar lebih mudah, Mama bisa mengajarkan warna pada anak sambil bernyanyi bersama. Coba saja nyanyikan lagu Pelangi atau Balonku, yang liriknya menyebutkan adanya beragam warna yang dapat dikenali si kecil.