8 Hal yang Harus Dihindari Usai Operasi Caesar

By Irene Harris, Senin, 13 Februari 2017 | 06:15 WIB
Setelah menjalani operasi caesar, hindari melakukan pekerjaan berat. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Meski persalinan caesar sudah begitu lazim dilakukan di zaman sekarang, tidak jarang Mama dapat banyak saran dan nasihat yang pada akhirnya malah bikin Mama bingung sendiri. Yang perlu Mama ketahui, bedah caesar itu memang bukan bedah kecil, jadi Mama perlu waktu dan perawatan saksama agar bisa kembali ke kondisi semula. Namun, jangan sampai Mama malah takut ini dan itu, sehingga tidak menikmati saat-saat mengasuh bayi.

Baca: Pipis Setelah Melahirkan Tanpa Takut Jahitan Lepas

Agar proses pemulihan bisa berjalan lancar dan Mama bisa menjalani peran ibu baru dengan senang, perhatikan hal-hal yang harus dihindari sesudah operasi caesar ini:

1. Perhatikan menu makanan di hari-hari pertama. Hindari makanan yang menimbulkan gas maupun makanan yang bisa menyebabkan konstipasi. Konstipasi dapat menyulitkan Mama saat harus buang air besar. Perbanyak asupan serat dengan menambah asupan buah dan sayuran.

Baca: Foto Bekas Operasi Caesar Ini Memberikan Pesan Penting untuk Para Ibu

2. Jangan sampai sakit. Pastikan Ibu tidak terkena batuk-flu atau alergi yang membuat Ibu harus bersin dan batuk-batuk. Ini akan terasa menyakitkan bagi mereka yang baru menjalani bedah sesar.

3. Irit tertawa dan menangis. Selain batuk dan bersin, tertawa juga bisa membuat bekas jahitan terasa sakit. Mintalah mereka yang berkunjung menahan-nahan diri untuk tidak bercanda berlebihan. Hindari juga rasa stres dan sedih sampai akhirnya menangis (apa pun alasannya!), karena menangis itu bisa membuat bekas jahitan juga terasa sakit.

Baca: Jangan Pakai Antiseptik Saat Merawat Luka Bekas Caesar

4. Tidak perlu terlalu sering memeriksa luka bekas operasi, apalagi menyentuhnya. Ini juga merupakan hal yang harus dihindari setelah operasi caesar. Biarkan perawat atau dokter yang memeriksa area tersebut. Kalau rasanya tidak nyaman, segera lapor dan jangan mencoba menyentuh luka tersebut sendiri.

5. Kalau terasa sakit, mintalah obat penahan sakit. Tidak perlu menahan rasa sakit yang berat. Bila sudah minum obat, kondisi Mama akan jadi lebih baik sehingga bisa mengurus bayi dengan lebih baik.

Baca: Nyeri Yang Akan Mama Rasakan Setelah Operasi Caesar

6. Jangan biarkan luka bekas operasi dalam kondisi basah. Saat akan mandi, pastikan area luka telah tertutup rapat. Jangan sampai area tersebut terkena sabun atau usapan tangan.