Langkah Tepat untuk Hilangkan Lemak di Pinggul

By Gisela Niken, Rabu, 15 Februari 2017 | 04:53 WIB
Bahan rempah alami ternyata dapat menghilangkan lemak di perut dan paha (Gisela Niken)

Nakita.id – Tak hanya lemak di perut, bagian tubuh yang juga kerap berlemak adalah pinggul. Menghilangkan lemak di pinggul bisa dilakukan dengan pola makan tepat. Berikut pola makan tepat yang bisa Ibu lakukan untuk menghilangkan lemak di pinggul.

Baca juga: 5 tanda Mama menyimpan lemak di perut

1. Perbanyak konsumsi protein untuk meningkatkan metabolisme.

Ternyata, lebih banyak mengonsumsi protein akan membantu membakar lemak tubuh khususnya di pinggul. Sebuah studi yang dilakukan American Journal of Clinical Nutrition pada 2008 mencatat orang-orang yang makan protein lebih banyak akan lebih banyak membakar kalori melalui kegiatan berolahraga. Selain itu, orang akan merasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsi protein. Harvad School of Public Health merekomendasikan protein yang dikonsumsi yaitu telur, kacang-kacangan, ikan, dan susu rendah lemak.

2. Olahraga sederhana.

Ibu perlu mengimbangi konsumsi makanan dengan olahraga untuk bisa menghilangkan lemak di pinggul. Beberapa olahraga seperti berenang, bersepeda, dan yoga  sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang terkait dengan proses pembakaran lemakdi pinggul. Naik turun tangga dan jalan cepat menjadi kegiatan sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari. Lakukan kegiatan ini sebanyak 30 menit dalam sehari untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Gerakan lain yang bisa dilakukan antara lain push up atau gerakan teratur seperti aerobik. Pilih gerakan yang banyak mengaktifkan otot pinggul.

Baca juga: Ini resep alami menghilangkan lemak di perut dan paha 

3. Perhatikan konsumsi kalori.

Menyingkirkan lemak di pinggul bisa dilakukan dengan mengurangi asupan kalori. Menghilangkan 250 kkal sampai 500 kkal setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak. Pengurangan kalori bisa dimulai dilakukan dengan mengganti menu camilan dengan yang lebih sehat seperti buah. Hindari tambahan gula pada camilan ataupun menu makanan karena dapat meningkatkan konsumsi kalori.

Baca juga: Ini pola makan yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat

4. Jadwal makan teratur.

Banyak orang  cenderung menghilangkan jadwal makannya, seperti sarapan atau makan malam. Pada orang yang belum terbiasa, melewatkan jam makan justru akan menyebabkan tubuh masuk ke situasi kelaparan yang berlebihan. Saat waktu makan tiba, tubuh justru meminta lebih sehingga asupan kalori yang masuk justru bertambah. Makan dengan porsi kecil namun sering lebih mudah meningkatkan metabolisme sehingga lebih banyak membakar lemak di pinggul.

Jika pola makan seperti ini diterapkan secara konsisten, lemak di pinggul akan menyusut secara bertahap. Ingat, diet yang sehat adalah diet yang tidak menyiksa. Inilah langkah tepat untuk hilangkan lemak di pinggul.