Gigi Anak Goyang, Cabut atau Biarkan Tanggal Sendiri?

By Deonisia Arlinta, Kamis, 23 Februari 2017 | 06:45 WIB
Bagaimana agar gigi yang goyang bisa cepat tanggal? (Dini Felicitas)

Nakita.id - Mama mungkin akan bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan ketika menemukan ada gigi susu anak mulai goyang. Apakah sebaiknya langsung di bawa ke dokter untuk dicabut atau dibiarkan saja sampai gigi itu tanggal sendiri?

Umumnya, gigi susu anak akan mulai tanggal dan diganti dengan gigi permanen saat anak berusia 6 tahun. Namun, tidak sedikit anak yang sudah mengalaminya sebelum usia tersebut karena gigi berlubang atau alasan lain. Teorinya, gigi susu akan tanggal atau copot dengan sendirinya ketika gigi permanen sudah muncul. Meski begitu, tetap saja kadang Mama harus membantu anak untuk bisa melepaskan gigi secara paksa agar tidak terjadi tumpukan gigi.

Untuk menjelaskannya, Dr Gerald Ferretti dari University of Kentucky mengatakan bahwa sebaiknya jangan pernah memaksa untuk melepaskan gigi susu. “Menarik paksa gigi bisa menimbulkan infeksi dan gusi berdarah, apalagi jika akar giginya masih tertinggal di gusi,” jelasnya.

Memaksa menanggalkan gigi memang tidak baik, namun Mama tentu tidak tega membiarkan anak yang terus menanyakan soal giginya yang goyang. Anak mungkin akan merasa takut jika sewaktu-waktu giginya tanggal dan bisa tertelan olehnya. Nah, cara-cara ini mungkin bisa Mama lakukan agar gigi yang goyang bisa cepat tanggal tanpa harus menyakiti dan memaksa melepasnya!

1. Coba minta anak untuk mendorong giginya yang sudah goyang, baik dengan jari maupun dengan lidah. Tapi, pastikan sebelum memasukkan jari ke dalam mulutnya anak sudah mencuci tangan sampai bersih. Mendorong bukan berarti menarik dengan paksa, ya!

2. Ketika gigi susu sudah nyaris lepas biasanya hanya akan sedikit menempel di ujung gusi tetapi masih susah untuk lepas. Pada kondisi ini, Mama mungkin bisa membantu melepasnya dengan menggunakan benang atau mungkin minta anak untuk menariknya sedikit demi sedikit (jangan dipaksa!). Menggunakan tangan anak akan sangat membantunya untuk mengukur tingkat kesakitan yang dirasakan ketika menariknya.

3. Saat hampir tanggal, coba bantu dengan menggunakan makanan. Minta anak untuk menggigit apel atau ayam goreng. Lihat apakah giginya tertinggal dan menancap di makanan tersebut. Menggigit es krim juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit ketika gigi terlepas.

4. Dokter menjadi langkah akhir untuk mencabut gigi susunya. Jika gigi permanen sudah terlanjur tumbuh, sedangkan gigi susu belum tanggal, Mama harus segera membawa ke dokter untuk mencabut gigi susu itu. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan gigi yang bisa merusak struktur giginya.

Mudah-mudahan, dengan cara tersebut gigi yang goyang bisa cepat tanggal ya.