Setelah Tahu Positif Hamil, Ini yang Harus Dilakukan

By Gisela Niken, Selasa, 28 Februari 2017 | 04:14 WIB
Yang perlu dilakukan setelah tahu hamil adalah memilih tenaga kesehatan (Gisela Niken)

Nakita.id – Selamat! Ibu dinyatakan positif hamil. Setelah itu apa yang perlu Ibu lakukan? Ibu tentu saja butuh menjaga kesehatan dan melakukan beberapa hal agar pertumbuhan janin berjalan normal. Berikut daftar hal yang perlu Ibu lakukan setelah tahu positif hamil.

1. Memilih tenaga kesehatan: bidan atau obgin

Coba diskusikan dengan pasangan mengenai siapa yang akan mendampingi selama kehamilan dan persalinan, apakah bidan atau dokter kebidanan dan kandungan (obgin). Lokasi tempat praktik atau rumah sakit juga jadi pertimbangan agar Ibu dan Ayah sama-sama bisa menjangkaunya. Segeralah berkonsultasi dengan tenaga kesehatan tadi setelah mengetahui kehamilan agar mengetahui kondisi yang perlu diwaspadai seperti tekanan darah tinggi.

Baca juga: Menyusui saat hamil muda, amankah?

2. Ketahui riwayat kesehatan keluarga

Menurut Akua Afriyie-Gray, MD, seorang asisten profesor di bidang obstetri dan ginekologi di Loyola Medical Center, Amerika Serikat, Ibu juga perlu mengetahui riwayat kesehatan keluarga yang berhubungan dengan komplikasi kehamilan atau kelainan genetik seperti Down syndrome. Riwayat kesehatan penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat diturunkan di dalam keluarga dan melihat potensi masalah sepanjang kehamilan atau pada saat melahirkan nanti.

3. Mulai mengatur pola makan

Salah satu hal terpenting untuk perkembangan janin adalah makanan. Belum lagi organ-organ penting janin mulai berkembang pada awal kehamilan. Ibu perlu memilih makanan yang bergizi untuk masa pertumbuhan janin. Salah satu nutrisi pentingnya adalah asam folat. Folat berperan penting dalam produksi sel darah merah dan membantu pertumbuhan otaknya. Ibu bisa mendapatkan asupan zat ini dari sayuran hijau dan buah jeruk. Mengonsumsi suplemen folat juga bisa Ibu lakukan.

4. Memilih makanan

Setelah hamil, Ibu tak bisa mengonsumsi semua makanan yang Ibu mau. Ibu perlu memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi. Makanan mentah atau setengah matang sebaiknya tidak dikonsumsi dulu. Sayuran mentah yang tidak bersih atau daging dan ikan yang kurang matang merupakan sumber parasit penyebab toksoplasmosis yakni infeksi berbahaya yang mengakibatkan kerusakan otak dan mata. Selain itu, daging yang kurang matang juga mengandung bakteri listeria.

Baca juga: Nyeri payudara di awal kehamilan

5.Tetap santai

Ketakutan dan kecemasan mungkin saja datang saat perempuan tahu dirinya hamil. Salah satu survei yang pernah dilakukan The Anxiety and Depression Association of America menunjukkan setengah dari perempuan dalam survei tersebut mengalami perasaan cemas atau depresi selama kehamilan. Untuk mengatasinya, Ibu bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan dan bercerita pada pasangan apa yang Ibu rasakan.