Bau Badan Bisa Lenyap Tak Berbekas Kalau Melakukan Ini

By Bonita Ningsih, Kamis, 2 Maret 2017 | 03:00 WIB
Pastikan kebersihan diri agar tidak menebarkan bau badan. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Bau badan menjadi masalah paling umum yang bisa dialami siapa saja. Kalau kita yang bau, kita jadi resah karena merasa mengganggu orang lain. Sedangkan bila kita berdekatan dengan orang yang bau ketiaknya begitu tajam, rasanya ingin sekali menjepit hidung agar baunya tidak terlalu menusuk.

Baca: Keringat Itu Tidak Berbau. Bakteri Inilah yang Membuat Ketiak Jadi Bau!

Untuk itu, tiap orang seharusnya wajib memerhatikan higienitas dirinya agar tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain rajin mandi dua kali sehari dan menggunakan deodoran, berikut adalah cara menghilangkan bau badan:

Mengubah Pola Makan Sering mengonsumsi makanan berbau tajam seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombay, ikan, kari, lada, daging merah, dan makanan pedas lainnya, dapat menimbulkan bau ketiak yang tidak sedap. Selain itu juga sayuran seperti brokoli, kol, dan kembang kol, yang mengandung sulfur sehingga melepaskan aroma seperti belerang. Makanan seperti itu sebaiknya dihindari untuk mencegah bau badan.

Baca: Pakai Deodoran Sebelum Tidur Malam Lebih Terasa Khasiatnya

Bersihkan ketiak Ketiak merupakan salah satu tempat berkembangbiaknya bakteri pada tubuh. Mencukur atau menghilangkan rambut secara teratur dapat menghentikan bakteri-bakteri yang berkembang di dalamnya sehingga meminimalisasi bau badan pada seseorang. Kemudian, menggunakan deodoran juga membantu untuk mengurangi produksi keringat.

Tinggalkan rokok Merokok atau mengunyah tembakau dapat meningkatkan produksi radikal bebas pada tubuh kita. Nantinya, radikal bebas dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri pada bagian kulit, dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Baca: 7 Penyebab Terlalu Banyak Berkeringat yang Perlu Diwaspadai

Minum secara teratur Setiap orang diharuskan untuk meminum air secara rutin. Air adalah kunci untuk membunuh racun dari tubuh dan menghilangkan bakteri. Kita disarankan untuk minum 8 hingga 10 gelas setiap hari, terutama di musim panas. Kurang minum membuat mulut kering, dan mulut kering itu juga bisa menyebabkan bau mulut.

Gunakan cuka apel Cuka apel dianggap sebagai bahan antibakteri yang kuat dalam menghilangkan bau badan. Cuka apel juga dapat menyeimbangkan tingkat pH pada kulit. Oleskan cuka apel pada bagian ketiak, tunggu beberapa menit kemudian cuci dengan air bersih. Cara lainnya, celupkan kapas ke dalam secangkir cuka apel, lalu sapukan pada kulit. Diamkan selama 5 hingga 6 menit, lalu mandilah dengan shower. Lakukan saat mandi pagi dan malam sebelum tidur.

Baca: Cara Alami Agar Tidak Bau Badan Meski Berkeringat

Mandi herbal Daun rosemary biasanya memang digunakan untuk memasak. Namun daun aromatik ini juga efektif untuk menyembuhkan beberapa penyakit pada tubuh. Selain memiliki aroma  yang khas, rosemary juga terbukti mampu menghancurkan bakteri. Ambil setengah cangkir rosemary kering, lalu tuangkan ke dalam 4 hingga 5 cangkir. Campurkan untuk air yang digunakan untuk mandi.

Gunakan baking soda untuk obat ketiak. Mama pasti sudah tau bahwa baking soda bisa menyerap bau badan. Cara ini ternyata juga berlaku untuk ketiak. Buatlah campuran baking soda dan air, lalu oleskan adonan tersebut pada ketiak. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas.

Nah, itu tadi cara alami untuk menghilangkan bau badan. Mama sudah pernah mencobanya?