Alasan Kenapa Setiap Keluarga Perlu Punya Ritual Saat Kumpul Bersama

By Irene Harris, Kamis, 16 Maret 2017 | 06:30 WIB
Ritual keluarga sederhana seperti menyanyi bersama bisa mengajarkan anak tentang hangatnya keluarga. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Dalam setiap keluarga pasti ada kebiasaan yang dilakukan turun-temurun dari masa kakek-nenek hingga anak-cucu. Kebiasaan ini bisa beragam, mulai dari berkumpul bersama di hari raya keagamaan, bakar sate ramai-ramai setiap malam tahun baru, hingga memberi hadiah kain untuk anggota keluarga yang baru melahirkan bayi.

Ritual dalam keluarga diciptakan agar bisa memberi makna dan kenangan sendiri bagi keluarga. Di samping itu, kebiasaan kumpul keluarga besar ini bisa membantu mempererat ikatan kekeluargaan. Anak-anak pun jadi lebih memahami sejarah keluarganya, terutama di saat mereka sedang dalam kondisi yang tidak stabil. Rasa aman dan stabilitas yang diberikan setiap menjalankan kebiasaan tertentu merupakan alasan kenapa setiap keluarga perlu punya ritual.

Baca: Mengapa Harus Mengenalkan Anak pada Keluarga Besarnya?

Yang namanya ritual keluarga itu sebenarnya tidak harus selalu berhubungan dengan acara khusus atau keagamaan. Sebab, yang terpenting dari ritual keluarga adalah melakukan suatu kegiatan bersama-sama dengan orang tercinta. Jadi, apa pun bisa dilakukan. Dari menonton sepak bola, bersepeda, memasak, hingga membaca buku bersama sebelum tidur. Apa saja yang bisa mendorong anak untuk belajar saling berinteraksi dengan orang lain, terutama keluarganya.

Berikut ini tips seru untuk memulai suatu ritual tertentu di keluarga: * Setidaknya sebulan sekali luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang bisa dinikmati oleh anak-anak. * Ajak anak berpartisipasi dengan mengusulkan kegiatan yang ingin mereka lakukan, atau hal-hal apa saja yang ingin mereka ketahui tentang keluarga besarnya. Misalnya, seperti apa masa kecil Ibu dan Ayah dulu. * Melihat foto-foto masa lalu bisa jadi salah satu cara untuk mengajak anak lebih memahami sejarah keluarganya. * Bahkan ritual sederhana seperti berdoa bersama atau menyanyi bersama bisa mengajarkan anak-anak berbagai hal penting. Ide lain: biasakan untuk berdiskusi sambil makan malam, misalnya seputar berita yang baru terjadi di luar. * Minta anggota keluarga secara bergiliran mengusulkan ide-ide menarik yang bisa dilakukan bersama setiap bulan.

Baca: 5 Permainan Bersama Bayi Saat Bertemu Keluarga Besar

Acara kumpul keluarga besar yang diwarnai dengan kegembiraan dan gelak tawa pasti akan selalu ditunggu-tunggu setiap bulan. Keluarga pun akan bisa berkembang dan semakin bahagia dengan melakukan ritual bersama.