Ini 8 Alasan Mengapa Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari Harus Diupayakan

By Gisela Niken, Minggu, 26 Maret 2017 | 23:17 WIB
Manfaat jalan kaki ternyata tidak kalah dengan olahraga lainnya (Gisela Niken)

Nakita.id – Kesibukan kita sehari-hari membuat olahraga menjadi kegiatan yang terabaikan. Padahal, aktivitas fisik memiliki berperan penting bagi kesehatan. Jarang bergerak membuat tubuh terasa kaku, mudah pegal, dan belum lagi dampak jangka panjangnya seperti risiko obesitas, penyakit jantung, dan osteoporosis. Tak punya waktu? Ternyata untuk menerapkan gaya hidup aktif bergerak, Ibu tak perlu bersusah payah meluangkan waktu khusus berolahraga, apalagi olahraga yang berat-berat. Jalan kaki minimal 30 menit sehari saja sudah memiliki manfaat yang besar bagi tubuh.

Baca juga: Ini Jenis Olahraga Yang Dapat Membuat Mama Cepat Hamil 

Mengapa jalan kaki? Ini alasannya!

1. Jalan kaki memberikan risiko cedera yang minim. Siapapun dapat melakukannya tanpa perlu menggunakan keahlian khusus. 

2. Berjalan kaki dengan durasi 30 hingga 60 menit membantu seseorang mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, demikian kesimpulan dari Heart and Stroke Foundation of Canada. Berjalan kaki dengan kecepatan sedang hingga tinggi dapat membakar kalori yang sama seperti jogging atau berlari.

3. Berjalan kaki juga bermanfaat untuk kekuatan otot, demikian menurut Dr. Craig Williams dari Fakultas Ilmu Olahraga di University of Exeter, Inggris. Daya tahan otot serta kekuatan otot terutama pada tubuh bagian bawah dapat dilatih dengan berjalan kaki.

Baca juga: Ternyata, Olahraga Bikin Anak Cerdas!

4. Berjalan dapat mencegah masalah pada kaki seperti varises. Berjalan akan mencegah kelebihan cairan di bagian kaki dan mencegah varises. Hal itu diutarakan Dr. Marcus Davis ahli haematologi dari The Harley Street Clinic di London.

5. Berjalan kaki juga mampu melancarkan sirkulasi oksigen sehingga dapat membuang racun dalam tubuh, tambah Dr. Marcus Davis.

6. Sirkulasi oksigen dan darah yang baik juga menurunkan risiko masalah pada jantung. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Olahraga yang Bikin Gagal Diet 

7. Berjalan kaki dapat menjadi cara untuk mencegah masalah tulang khususnya tulang belakang. Kegiatan berjalan kaki sangat baik bagi orang yang sehari-hari bekerja dengan sedikit bergerak misalnya menyetir mobil atau duduk di depan komputer saja. Duduk berlama-lama dapat menyebabkan tekanan pada tulang belakang, kata Dr. Marcus Davis.

8. Berjalan kaki memperlancar aliran mineral dan vitamin dalam tubuh, kata Dr. Marcus Davis.

Demikian delapan alasan mengapa jalan kaki baik untuk dilakukan, yaitu antara lain karena minim cedera, dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu persiapan macam-macam, dan manfaatnya bagi kesehatan sungguh besar.