Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Membantu Anak Cerdas Sejak Bayi

By Gisela Niken, Kamis, 23 Maret 2017 | 01:18 WIB
Membantu anak cerdas sejak bayi bisa dilakukan dengan menyentuh dan bermain dengannya. (Gisela Niken)

Nakita.id – Perkembangan otak anak memang sudah dimulai sejak dalam kandungan. Maka, penting bagi Ibu untuk memberikan asupan nutrisi dan stimulasi untuk perkembangan otaknya. Seperti apa ya stimulasi yang tepat bagi perkembangan otak bayi? Sadar atau tidak ternyata ada banya hal yang sudah dan sering Ibu lakukan yang membantu anak cerdas sejak bayi. Kebiasaan seperti apa ya?

Baca juga: Ini 7 Cara Membantu Perkembangan Otak Bayi

Menggendong dan menyentuh bayi pasti jadi hal yang sering dilakukan Ibu. Ternyata sentuhan itu dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan otaknya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Nationwide Children Hospital, Ohio, Amerika Serika menunjukkan sentuhan menjadi bagian penting dari perkembangan bayi. Para peneliti menganalisis 125 bayi dengan mengukur respons otak bayi terhadap sentuhan lembut.

Lalu seperti apa hasilnya? Menurut dr. Nathalie Maitre, salah seorang peneliti mengungkapkan sentuhan benar-benar membuat dampak yang signifikan pada otak bayi. “Dampak sentuhan dilihat dari perkebangan kognitif, komunikasi dan perilaku di kemudian hari,” ujarnya. Tidak hanya menyentuhnya, mengajak bayi ngobrol dan menceritakan banyak hal padanya akan membantu perkembangan otaknya.

Baca juga:Begini Pertumbuhan Otak dan Saraf Bayi 

Tracy Cutchlow dalam bukunya Brain Rules for Baby mengungkapkan aliran informasi yang diterima bayi akan meningkatkan kemampuan otak si kecil. Selain itu, bercerita kepada bayi akan membantu perkembangan bahasanya sehingga anak lebih pandai dalam hal berkomunikasi. “Pada usia 3 tahun, anak yang berbicara lebih baik akan memiliki IQ yang 1,5 kali lebih tinggi dan memiliki kemampuan membaca, mengeja dan menulis yang lebih baik,” ujarnya.

Cara lain untuk membantu anak cerdas sejak bayi adalah dengan musik. Sebuah penelitian dari Northwestern University menunjukkan musik dapat meningkatkan rentang perhatian bayi dan meningkatkan memori. Mengenalkan musik sejak bayi ternyata dapat mengembangkan kemampuannya dalam berpikir. Selain memutar berbagai jenis musik, Ibu juga bisa menyanyikan lagu-lagu untuknya agar membantu perkembangan otak bayi.

Baca juga:Perkembangan Otak Bayi Perempuan Lebih Cepat 

Ibu juga bisa menggunakan berbagai objek bantuan seperti mainan. Bola dan objek-objek yang menarik perhatian bayi sangat baik untuk melatih koordinasi tangan bayi dan juga membantu motorik kasar dan halus. Memperbanyak bermain dan berinteraksi dengan bayi sangat membantu perkembangan otaknya.