4 Kebiasaan Buruk Batita dan Cara Mengatasinya

By Avrizella Quenda, Jumat, 31 Maret 2017 | 09:45 WIB
Penyebab anak gampang sakit yang kerap terjadi adalah senang mengisap jempol (Gisela Niken)

Nakita.id - Ada beberapa kebiasaan batita yang mungkin kerap menjengkelkan Ibu, misalnya mengisap jari. Meski begitu, Ibu tak perlu cemas. Dalam banyak kasus, kebiasaan ini hanya satu fase dalam proses perkembangan normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Kebiasaan adalah pola perilaku yang berulang, dan anak yang melakukannya biasanya bahkan tidak menyadarinya. Dan jika bayi Anda biasanya memasukkan satu tangan ke mulut dan tangan lain memilin-milin rambut, jangan terkejut: Kebiasaan-kebiasaan semacam ini cenderung terjadi serangkai. Berikut 4 kebiasaan buruk yang sering dilakukan anak dan remaja kita: 

1. Menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan anak yang paling umum. Diperkirakan 30% sampai 60% dari anak-anak dan remaja menggigit satu atau lebih kuku-kuku tangannya. Dan, kadang-kadang, seorang anak mungkin juga menggigit kuku kakinya.

Baik anak laki-laki maupun anak perempuan sama-sama cenderung memiliki kebiasaan ini pada usia-usia dini. Namun, karena saat menjadi lebih dewasa, anak laki-laki cenderung lebih sering menggigiti kukunya.

Baca juga : Kebiasaan Anak Membuka Baju Jangan Dibiarkan 

2. Memilin-milin rambut

Jika ada anak ibu yang gemar memilin-milin rambut, kemungkinan besar dia perempuan. Kebanyakan anak-anak yang memilin, membelai, atau menarik rambut mereka adalah anak perempuan.

Kebiasaan memilin rambut kemungkinan muncul di masa kanak-kanak sebagai tanda awal untuk menarik rambut, dengan atau tanpa kerontokan rambut. Namun, banyak pemilin dan penarik rambut berhenti ketika mereka semakin besar. Bagi yang tidak berhenti, modifikasi perilaku sederhana bisa membantu memutus kebiasaan itu. 

Namun, untuk mereka yang mulai menarik rambut ketika berusia remaja, kebiasaan ini lebih sulit dihentikan dan mungkin menjadi tanda kecemasan, depresi, atau gangguan kompulsif-obsesif (OCD).

3. Mengupil

Mengupil tampaknya sebuah kebiasaan yang biasanya dimulai di masa kanak-kanak, bisa berlanjut hingga dewasa. Sebuah kajian 1995 menemukan bahwa 91% orang mengupil secara reguler — dan sekitar 8% dari mereka dilaporkan makan upil mereka sendiri! Wah, jorok sekali, ya Bu?