Jangan Suka Mengangkat Barang Berat Kalau Ingin Cepat Hamil

By Irene Harris, Jumat, 31 Maret 2017 | 01:45 WIB
Hindari kebiasaan mengangkat barang berat kalau ingin hamil. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Ingin cepat hamil dan memiliki momongan? Coba perhatikan pekerjaan Ibu di kantor. Jika jenis pekerjaan Ibu sering menuntut untuk mengangkat barang berat, hal ini ternyata bisa berpengaruh terhadap kesuburan.

Studi yang dilakukan terhadap para wanita yang sedang menjalani terapi kesuburan menemukan, pada calon ibu yang sering mengangkat barang berat di tempat kerja cenderung memiliki jumlah sel telur matang yang lebih sedikit. Dapat disimpulkan, peluang untuk memiliki bayi juga jadi lebih rendah. Fenomena ini lebih sering didapati pada wanita yang memiliki berat badan berlebihan, obesitas, dan berusia di atas rata-rata usia subur. Studi ini dibuat di jurnal Occupational & Environmental Medicine.

"Sebenarnya, hasil riset ini tidak membuktikan langsung bahwa kebiasaan mengangkat barang berat adalah penyebab utama sulit hamil," kata peneliti utama Lidia Minguez-Alarcon, dari Harvard School of Public Health, Boston. "Ada kemungkinan para wanita ini juga terpapar faktor lingkungan lain, yang pada nantinya berpengaruh terhadap kualitas sel telurnya."

Berbeda dengan pendapat dari Dr. James Grifo, Direktur dari Langone Fertility Center, New York University, di New York City. Grifo melihat, penyebab para wanita yang sulit hamil lebih dipicu oleh tekanan stres di tempat kerja atau rasa bersalah ketika terapi kesuburan tidak memberikan hasil sesuai harapan. "Kita tidak bisa meminta wanita berhenti bekerja supaya tidak lagi mengangkat barang berat," kata Grifo.

Menurut Grifo, hal terpenting yang harus diperhatikan agar bisa cepat hamil adalah menjaga diri agar terhindar dari stres berlebihan. Selain itu, Grifo juga menyarankan para calon ibu untuk menyantap pola diet yang sehat, beristirahat dengan cukup, dan minum cukup air.