Tanpa Disadari, Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

By Gisela Niken, Selasa, 4 April 2017 | 22:57 WIB
Berdiri dan bergerak 5 menit ternyata dapat membantu menurunkan berat badan (Gisela Niken)

Nakita.id – Banyak orang melakukan usaha untuk menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Mulai dari mengurangi asupan makanan hingga mencoba berbagai jenis olahraga. Namun, Ibu mungkin tak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan yang kerap kita lakukan dan ternyata bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Agar Berat Badan Tidak Naik Turun, Ini Rahasianya 

1. Duduk tegak

Duduk menjadi kegiatan yang sering dilakukan sehari-hari. Namun, jika Ibu duduk dengan posisi tegak ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Heidi Grant Halvorson Ph.D, salah seorang profesor di Motivation Science Center di Colombia University mengungkapkan duduk tegak dapat menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh dan hal ini akan membutuhkan banyak energi sehingga akan semakin banyak kalori yang terbakar.

2. Makan makanan pedas

Makanan pedas ternyata mengandung capsaicin. Zat ini dapat mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Kandungan ini dapat merangsang penghancuran sel-sel lemak sehingga dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Konsumsi makanan pedas ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme sebesar 20% dalam kurun waktu 30 menit. Ternyata, hanya cukup makan pedas dapat membantu mempercepat pembakaran lemak. Namun, makanan pedas biasanya merangsang kita untuk menyuap lebih banyak nasi. Nah, hindari tambahan nasinya.

3. Minum air putih

Minum air putih ternyata memang dapat membantu Ibu untuk menurunkan berat badan. Air dapat memberikan rasa kenyang serta meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Medical Faculty of Humbolt University, Berlin mengungkapkan minum setengah liter air putih dapat meningkatkan metabolisme hingga 24-30%. Artinya, minum 2 liter setiap hari dapat meningkatkan pengeluaran energi hingga 96 kkal per hari. Waktu minum air putih juga perlu diperhatikan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Ibu bisa minum air setengah jam sebelum makan. Hal ini akan membuat Ibu merasa lebih kenyang.

Baca juga: Diet ini Bisa Menurunkan Berat Badan 7 Kg dalam 7 Hari 

4. Makan dengan perlahan

Mungkin Ibu pernah mendengar bahwa makan dengan perlahan akan menurunkan berat badan. Ternyata hal ini benar. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Biochemia Medica pada 2012 mengungkapkan nafsu makan dan masuknya kalori juga dikendalikan oleh hormon. Setelah makan, usus akan menekan hormon ghrelin yang mengontrol rasa lapar. Hormon ini akan menyampaikan pesan ke otak dan memberi sinyal bahwa tubuh sudah makan. Hal ini akan membuat Ibu berhenti makan dan kenyang. Proses ini ternyata membutuhkan waktu sekitar 20 menit sehingga Ibu perlu makan secara perlahan agar tubuh mampu melakukan proses ini.

Baca juga: Patut Dicoba! Pola Makan yang Sukses Menurunkan Berat Badan 

5. Berdiri

Selain berolahraga teratur, Ibu juga butuh untuk banyak bergerak termasuk berdiri pada kegiatan sehari-hari. Dr. Stuart Biddle, seorang profesor di Loughborough University di Inggris mengungkapkan salah satu kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah perbanyak kegiatan dengan berdiri. Menurutnya, cukup dengan berdiri atau berjalan selama lima menit setiap 30 menit sekali dapat membantu pembakaran kalori.