Ajari Anak Cara Membersihkan Rumah

By Avrizella Quenda, Selasa, 4 April 2017 | 11:05 WIB
Ajarkan Anak Bagaimana Cara Merapikan Rumah (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Semakin cepat Ibu memperkenalkan anak pada tugas-tugas rumah tangga, semakin cepat ia dapat mengambil tanggung jawab dan membuat keputusan dengan penuh percaya diri.

Pada usia berapa idealnya anak-anak diperkenalkan pada pekerjaan rumah tangga? Sekitar 15 persen rumah tangga di Singapura sudah bisa mendapatkan bantuan dari anaknya yang berusia 6 tahun untuk merapikan rumah.

Untuk memastikan anak tidak melakukan kekacauan, Helpling, pasar online untuk layanan rumah terkemuka di Singapura, menjelaskan bagaimana Ibu dapat mengajarkan anak untuk membersihkan rumah sendiri dengan cara yang menyenangkan:

Baca juga : Langkah Mudah Ajari Anak Toilet Learning

Terorganisir adalah faktor kunci pada usia dini

Anak paling suka membuat isi rumah berantakan dengan mainannya. Namun, jangan khawatir, Ibu tidak sendirian! Setiap anak membutuhkan ketertiban dan struktur untuk belajar. Belajar melalui kegiatan membersihkan rumah akan mengajarkan kerapian dan tanggung jawab.

Misalnya, menunjukkan tempat boneka-boneka mainannya di rumah. Dengan cara ini, anak akan lebih mungkin untuk mengingat tempatnya, meninggalkan boneka binatang di tempat yang tepat bila diperlukan.

Baca juga : Ajari Anak Memilih Jajanan Sehat

Anda adalah panutan terbesar

Orang tua sebaiknya memberikan contoh yang baik, sehingga akan mempengaruhi anak-anak untuk mengikuti tindakan dan kebiasaan Ibu. Selain itu, lebih mudah untuk membersihkan rumah dengan adanya bala bantuan. Anak-anak tidak akan mengakuinya, tapi ia juga merasakan rasa prestasi ketika ia membantu orang-orang dewasa membersihkan rumah.

Memberikan anak-anak tugas sesuai usia

Berikan anak-anak tugas sesuai dengan usianya. Misalnya, balita dapat membantu untuk mengatur kaus kaki dengan menyortir ke dalam warna dan pola. Ketika anak akhirnya mulai sekolah, Ibu juga dapat mengalokasikan tugas-tugas yang lebih serius seperti membereskan tempat tidur setiap pagi dan menjaga meja tetap rapi.