Pasangan Bahagia Biasanya Melakukan Hal Ini Bersama. Yuk, Tiru!

By Gisela Niken, Kamis, 6 April 2017 | 08:34 WIB
Mau punya hubungan bahagia dan harmonis? Lakukan kebiasaan sederhana ini (Gisela Niken)

Nakita.id – Meski sudah menikah lama dan memiliki anak, bukan berarti Ayah dan Ibu tak perlu memelihara kemesraan dan hubungan yang romantis. Justru, Ayah dan Ibu perlu menjaga keharmonisan agar bahagia. Kebahagiaan Ayah dan Ibu juga sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak, karena jika hubungan orangtua hambar dan kerap bertengkar, emosi negatif yang muncul pasti akan memengaruhi mental anak. Sebaiknya lakukan kebiasaan-kebiasaan ini agar Ayah dan Ibu senantiasa bahagia.

Baca juga: Ini Trik Agar Suami Istri Kompak Dalam Mengasuh Anak 

1. Sering membuat kontak mata

Tak perlu melakukan hal yang besar, melakukan kontak mata dengan pasangan ternyata dapat membuat pernikahan jadi lebih bahagia. Menurut Audrey Nelson, Ph.D. dari Warnborough College di Inggris melakukan kontak mata berarti menunjukkan perhatian yang jauh lebih besar. “Tak perlu sulit untuk menyampaikan sesuatu. Cukup dengan kontak mata dan berbicara dalam jarak dekat, maka komunikasi suami istri akan jauh lebih baik,” ujarnya.

2. Ngobrol di pagi hari

Banyak suami istri cenderung tidak memiliki waktu untuk bercengkrama di pagi hari. Padahal hal ini menjadi cara mudah membuat hubungan suami istri tetap solid dan bahagia. “Banyak pasangan yang tidak punya rutinitas pagi yang sama sehingga mereka tak punya waktu ngobrol sejenak. Padahal mengawali hari dengan berbincang bersama pasangan akan berdampak baik untuk kegiatan satu harinya,” ujar Dr. Kurt Smith seorang terapis keluarga.

Baca juga: 10 Manfaat Hubungan Intim Selama Hamil yang Mama Tidak Tahu 

3. Meninggalkan sejenak gadget

Waktu bersama suami kadang menjadi tidak berkualitas karena masing-masing sibuk dengan urusannya, termasuk urusan gadget. Maka, ketika Ibu dan Ayah meluangkan waktu untuk bersama, bebaskan kesempatan itu dari paparan gadget. “Hanya duduk diam selama 10 menit tanpa gadget bahkan dapat membuat hubungan lebih baik,” ujar Winifred M. Reilly, terapis keluarga dan pernikahan sekaligus penulis buku It Takes One To Tango: How I Rescued My Marriage with (Almost) No Help from My Spouse.

Baca juga: Ini Tanda Mama Telah Menerapkan Pola Asuh Yang Tepat Untuk Anak

4. Saling tersenyum

Merasa lelah saat mengurus anak ataupun banyak pekerjaan menumpuk di kantor membuat Ayah dan Ibu kerap bertengkar akibat masalah sepele. Cobalah untuk mulai menebarkan senyum di pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Menurut psikolog Dr. Marie Land, tersenyum dapat memberikan energi positif dan membuat interaksi yang baik dalam keadaan yang buruk sekalipun.