Yang Harus Dilakukan Agar Melahirkan Sesuai Hari Perkiraan Lahir

By Gisela Niken, Jumat, 7 April 2017 | 06:12 WIB
Melahirkan sesuai HPL bisa dilakukan dengan persiapan tertentu (Gisela Niken)

Nakita.id – Menjelang Hari Perkiraan Lahir (HPL), Ibu tentu khawatir jika tanda-tanda persalinan belum muncul. Ternyata Ibu tak perlu khawatir dengan kondisi ini. Pada dasarnya sah-sah saja untuk melahirkan melewati HPL, namanya juga perkiraan. Namun, Ibu bisa melakukan cara-cara ini agar melahirkan tepat waktu, cukup bulan, atau minimal tak jauh dari HPL agar tak ada komplikasi kehamilan.

Baca juga: Ini Kondisi Kehamilan yang Memerlukan Induksi Saat Melahirkan 

Menurut dr. Merry, SpOG dalam tabloid Nakita Edisi 860, justru tak banyak kehamilan lahir sesuai dengan HPL. “Berdasarkan riset, dari total kelahiran di dunia, jumlah bayi yang lahir sesuai dengan HPL ternyata hanya sekitar 5%,” ujarnya.  Wah, kok, bisa ya? Sementara sisanya sebanyak 50% kehamilan bahkan lahir lebih dari hitungan 40 minggu. Jadi, sebenarnya tak perlu ada yang dikhawatirkan ya.

Meski begitu Ibu bisa melakukan beberapa hal sejak sekarang untuk bisa melahirkan tepat waktu. Menurut dr. Intan Nabila Al Mansyuri dalam tabloid Nakita Edisi 860, salah satu kuncinya adalah rajin memeriksakan perkembangan janin. “Hal ini akan membantu Ibu mengetahui risiko selama kehamilan termasuk saat melahirkan nanti,” ujarnya. Pastikan pula Ibu terus memantau tumbuh kembangnya agar ia tak lahir prematur ataupun pascamatur alias lewat bulan.

Baca juga: Cara Alami Mengurangi Nyeri Kontraksi Melahirkan 

Gaya hidup sehat juga dibutuhkan sejak trimester kedua. Trimester kedua merupakan saat di mana Ibu merasakan kenyamanan saat hamil. Maka, memulai olahraga ringan seperti berjalan kaki sangat baik untuk kelancaran persalinan. “Jalan kaki sangat baik untuk perenggangan otot dan juga baik untuk kesehatan jantung hingga metabolisme tubuh. Ibu hamil juga bisa mengurangi stres dengan cara berjalan kaki,” ujar Neporent, seorang ahli olahraga untuk ibu hamil sekaligus penulis buku Walking For Dummies

Ibu juga bisa melakukan kegiatan yang melatih kelenturan otot seperti berenang. Senam hamil saat menginjak trimester ketiga juga penting untuk kelancaran persalinan. Jauh dari stres dan ketakutan menjadi hal yang perlu Ibu perhatikan saat hamil. Sebaiknya Ibu mencoba lebih santai terutama saat nanti menjelang hari kelahiran. Persiapan sebelum melahirkan ternyata jadi penting.

Baca juga: Ini yang Perlu Ayah Lakukan Agar Ibu Cepat Pulih Usai Melahirkan

John Sussman, M.D., salah satu obgin di New Milford Hospital di Connecticut mengungkapkan, pemahaman yang baik soal persiapan persalinan sangat penting bagi Ibu. “Tak hanya istri tapi suami juga harus secara serius mempersiapkan persalinan dan paham apa yang akan dihadapi ke depannya. Memperoleh banyak informasi soal persalinan menjadi hal penting,” ujarnya. Menurut John, cara ini akan mengurangi kekhawatiran yang berlebihan.