Menurunkan Berat Badan dengan Kelapa, Ini Caranya!

By Gisela Niken, Senin, 10 April 2017 | 03:10 WIB
Kelapa untuk menurunkan berat badan, ini caranya! (Gisela Niken)

Nakita.id – Banyak cara menurunkan berat badan salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Salah satu yang patut Ibu coba adalah dengan buah kelapa. Tinggal di Indonesia membuat kita dengan mudah dapat menemukan kelapa. Satu buah kelapa ternyata mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti potassium, sodium, kalsium, magnesium, zat besi dan fosfor. Lalu bagaimana kelapa dapat membantu untuk menurunkan berat badan?

Baca juga: Rutin Minum Air Kelapa Selama 15 Hari, Ini Manfaatnya yang Tak Terduga! 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan asam lemak dalam kelapa ternyata dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga tiga kali lipat! Hal ini berarti dapat mempercepat penurunan berat badan. Kandungan elektrolit dalam air kelapa juga baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama kita berolahraga. Jadi, Ibu tak perlu mengonsumsi makanan atau minuman lain sehabis olahraga.

Charushila Biswas, seorang ahli gizi tersertifikasi mengungkapkan air kelapa juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan air kelapa tidak mengandung kalori tinggi dan membantu memperlambat penyerapan makanan. Hal ini juga akan mencegah terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Kondisi ini juga menekan nafsu makan.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Air Kelapa untuk Anak 

Selain elektrolit, air kelapa juga mengandung gula alami. Setiap 30 militer air kelapa mengandung 1,3 gr gula. Gula alami ini bisa mengganti asupan gula dalam tubuh sehingga Ibu tak perlu lagi mengonsumsi makanan tinggi gula yang dapat menganggu proses penurunan berat badan. Tidak hanya air kelapanya saja, Ibu juga bisa memanfaatkan bagian lain dari kelapa untuk menurunkan berat badan.

Menurut Andrea Cespedes, seorang ahli gizi dari American Council on Exercise mengungkapkan kandungan protein dalam daging kelapa dapat memberikan energi dalam tubuh. Artinya sangat cocok untuk mengganti makanan lain untuk menurunkan berat badan. Selain itu, daging kelapa juga memiliki kandungan asam laurat. Zat ini merupakan mikroba dan anti-bakteri yang dapat mengatasi mual, asma, sakit gigi, infeksi bernanah dan infeksi usus.

Baca juga: Banyak Ibu Hamil Minum Air Kelapa Hijau, Untuk Apa? 

Ibu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk menurunkan berat badan. Dalam situ Self Nutrition Data, minyak kelapa memiliki asam lemak rantai sedang. Berbeda dengan makanan lain yang memiliki rantai panjang, asam lemak rantai sedang ini dengan cepat mengubah minyak kelapa menjadi energi. Hal ini akan membantu menurunkan risiko kenaikan berat badan hingga 20% dan membuat tubuh lebih memiliki sedikit lemak hingga 23%.