Kemampuan Bermusik Bisa Merangsang Indra Anak Lebih Intens

By Irene Harris, Jumat, 7 April 2017 | 06:15 WIB
Memainkan musik bisa merangsang panca indera anak. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Musik bisa jadi merupakan bagian dari kehidupan si kecil. Sejak kecil, Ibu sudah sering meninabobokannya dengan lagu atau mengajaknya bernyanyi saat memandikannya. Seiring dengan pertambahan usia, si kecil pun sering bernyanyi kecil saat bermain atau menepuk-nepukkan tangan saat mendengarkan irama lagu.

Memperkenalkan anak pada musik bisa merangsang kemampuan lainnya, sebab menurut ahli musik bisa merangsang indra-indra milik anak dengan lebih intens, bahkan setara dengan memaparkan anak pada berbagai jenis rasa, bau, tekstur, warna, dan suara. Musikalitas yang baik akan membantu anak saat mulai bersekolah nanti, termasuk saat ia mulai belajar membaca dan berhitung.

Tentu saja, yang dimaksud musikalitas tidak lantas berarti anak harus bisa menguasai alat musik. Namun, ini berarti anak telah terbiasa mendengar musik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bisa merangsang musikalitas anak, Ibu bisa mengajaknya bermain bersama, misalnya melalui kegiatan berikut:

1. Tunjukkan Gayanya Ajarkan lagu anak-anak pada si kecil lengkap dengan gayanya. Misalnya, dengan menggerakkan tangan dan kaki, atau menepuk-nepuk tangan sambil bernyanyi. Anak pun akan semangat mengikutinya. Sebagai contoh, nyanyikan bersama lagu "Kepala, Pundak, Lutut, Kaki" sambil menyentuh anggota tubuh yang disebutkan.

2. Alat Musik Pertamaku Perkenalkan anak pada jenis-jenis suara dengan meminjamkan peralatan dapur yang bisa mengeluarkan bunyi, seperti panci, tutup panci, mangkuk, dan sendok kayu. Ibu juga bisa membelikan alat musik mainan seperti drum, xylofon, atau gitar. Ajak si kecil memainkan alat musiknya dengan cara memukul panci sesuai irama lagu yang dinyanyikan, atau seiring irama musik dari pemutar CD. Perkenalkan jenis suara keras dan lembut dengan mengajarinya teknik memukul yang berbeda. Begitu juga dengan kecepatan lagu yang lebih cepat atau lambat.

3. Pentas Musik di Rumah Dapatkan lagu yang sedang populer atau irama musik instrumental yang mudah didengar. Bernyanyilah bersama si kecil. Sebagai pelengkap, Ibu bisa mengajaknya berpura-pura memainkan gitar atau drum mainan dengan gaya serius, sehingga anak seolah-olah sedang pentas musik.