Hindari Memberi Makanan Hambar Pada Bayi

By Avrizella Quenda, Selasa, 11 April 2017 | 05:15 WIB
5 Mitos Seputar Makanan Pertama Bayi dan Juga Faktanya (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Saat bayi berusia empat atau lima bulan, saatnya Ibu mulai memikirkan tentang memperkenalkan makanan padat. Tetapi karena adanya beberapa aturan seputar makanan apa dan kapan diberikan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga Ibu tidak menjadikannya patokan. Ada beberapa mitos dan fakta tentang makanan padat bayi.

Mitos # 1: Jika bayi meraih makanan Anda, ia siap untuk memulai padatan.

Fakta: Bayi usia tiga bulan mungkin terlihat menginginkan makanan yang dikonsumsi oleh orangtuanya, bahkan berusaha meraih sesuatu dari piringnya. Tapi itu hanya salah satu dari banyak tanda-tanda kesiapan, kata Catherine Pound, seorang dokter anak di Rumah Sakit Anak Eastern Ontario di Ottawa. “Anak Anda harus menunjukkan minat dalam makanan, tetapi juga dapat duduk sendiri dan menjaga kepala mereka, dan memiliki koordinasi untuk mengunyah dan menelan,” katanya.

Umur merupakan faktor penting. Kedua Canadian Pediatric Society dan American Academy of Pediatrics menyarankan memperkenalkan makanan padat sekitar usia enam bulan (disesuaikan berdasarkan kesiapan), di samping ASI atau susu formula.

Baca juga : Intinya, Ini Makanan Pertama yang Bisa Diberikan pada Bayi

Mitos # 2: Ada satu makanan yang tepat untuk diberikan pertama kali.

Fakta: Ada dua alasan utama untuk bayi yang memulai padatan, yaitu untuk mengembangkan keterampilan motorik oral padanya dalam persiapan eksklusif makan makanan padat dan untuk meningkatkan asupan zat besi. Jenis makanan tidak relevan, selama itu mengandung zat besi.

Ahli diet Calgary Sarah Remmer merekomendasikan daging matang yang dicincang halus, digiling atau ditumbuk, ikan deboned, telur masak, kacang-kacangan dan lentil sebagai makanan pertama. Ibu juga dapat memulai dengan sereal bayi yang diperkaya zat besi. “Sereal yang diperkaya zat besi tidak berbeda drastis dengan nutrisi. Mereka semua diperkaya dengan jumlah yang zat besi yang sama,” pungkas Sarah.

Baca juga : Alpukat, Makanan Terbaik untuk Bayi

Mitos # 3: Anda harus mulai dengan bubur.

Fakta: Tidak perlu memberikan bayi bubur sebagai makanan padat pertamanya. Pada usia itu, bayi memiliki kemampuan untuk “mengunyah” makanan, bahkan jika ia tidak memiliki gigi. Ibu dapat memberikan bubur, tetapi beri ia makanan dengan tekstur padat juga. Coba salah satu makanan yang Sarah rekomendasikan, yaitu sayuran masak dan keju parut.

“Berikan makanan jari (finger food) yang lembut untuk mendorongnya makan sendiri, yang membantu dengan perkembangan motorik oral,” katanya. Hal ini memungkinkan bayi untuk mengendalikan berapa banyak dan berapa kecepatan yang mereka makan, yang akan membantu dengan pengaturan diri dari asupan makanannya nanti. Hindari bahaya tersedak seperti sayuran keras dan berserabut serta buah-buahan, makanan kecil berbentuk bulat, seperti anggur, yang tidak diiris memanjang, makanan lengket, seperti selai kacang, pop corn, marshmalow, seluruh kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan dengan tulang.