4 Masalah Hamil Muda, Kapan Ibu Harus Waspada?

By Gisela Niken, Senin, 17 April 2017 | 04:44 WIB
Masalah saat hamil muda, perlukah khawatir? (Gisela Niken)

Nakita.id – Ibu mungkin saja panik atau khawatir ketika muncul masalah-masalah yang kerap terjadi saat hamil muda. Karenanya, kenali berbagai masalah yang mungkin muncul dan kapan harus mewaspadainya. 

Baca juga:Cara Alami Mengatasi Begah dan Sembelit Saat Hamil 

1. Perdarahan

Ibu hamil muda sangat mungkin mengalami masalah perdarahan. Namun, Ibu tak perlu khawatir jika darah yang keluar tidak seperti darah jika sedang mengalami menstruasi. “Bercak darah adalah normal. Selama bukan perdarahan berat tak perlu dikhawatirkan, karena perdarahan tak mesti menjadi tanda keguguran atau masalah kehamilan lain,” ujar Natali Aziz, MD, seorang dokter obgin di Lucile Packard Children Hospital di Calfornia.

Kapan harus waspada: Jika perdarahan disertai dengan kram pada perut. Segera konsultasikan ke dokter obgin.

Baca juga: 6 Masalah Makan Ibu Hamil

2. Mual dan muntah

Normal bagi Ibu hamil muda untuk mengalami mual dan muntah. Stanley M. Berry, MD seorang dokter obgin dari William Beaumont Hospital di Michigan, AS mengungkapkan mual dan muntah justru jadi tanda kehamilan yang sehat dan normal.

Kapan harus waspada: Jika Ibu mengalami mual dan muntah terus-menerus lebih dari 12 jam. Segera periksakan diri ke dokter.

3. Cairan vagina

Di awal kehamilan, Ibu mungkin akan mendapati vagina mengeluarkan lebih banyak cairan. Cairan vagina ini normal meski teksturnya agak tebal dan berwarna putih dengan sedikit bau khas tetapi bukan bau busuk akibat infeksi.

Kapan harus waspada: Jika vagina mengeluarkan cairan berwarna kuning atau kehijauan, sangat berbau, dan menimbulkan rasa gatal. Bisa jadi ini infeksi pada vagina yang dapat berdampak pada janin.