Superfood untuk Bayi: Konsumsi Sayur dan Buah Berwarna

By Avrizella Quenda, Sabtu, 22 April 2017 | 06:23 WIB
Superfood Untuk Bayi Berdasarkan Warna Jenis Makanan (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Sejak bayi, Ibu perlu memberikan asupan gizi yang cukup sesuai yang anak butuhkan untuk membantu tumbuh kembangnya berjalan normal dan sehat. Untuk itu, jangan sembarang memberikan bayi makanan biasa. Kini, ada makanan berkualitas tinggi yang disebut-sebut dengan "superfood" yang baik untuk mencukupi nutrisi anak sejak dini.

Apakah Superfood?

Superfoods adalah makanan yang memiliki peran selain memasok komponen dasar dari diet, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Peran ini bervariasi dari meningkatkan energi dan kekuatan otak, untuk pencegahan penyakit, bahkan perbaikan akibat kerusakan sel.

(Baca juga : Bukan Makanan Biasa, Ini Daftar "Superfood" yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak)

Penelitian menunjukkan bahwa sepertiga dari kasus kanker dikaitkan dengan apa yang Anda makan. Buktinya adalah adalah serat serta buah dan sayur segar sangat sedikit dalam menu makanan eropa. Para peneliti memperkirakan diet yang diisi dengan sayuran dan buah, ditambah latihan olahraga, bisa mengurangi tingkat kejadian kanker hingga 30-40 persen. 

Komposisi Superfood

Jadi apa sebenarnya yang membuat superfood begitu istimewa? Jawabannya adalah struktur kimiawi yang kita sebut sebagai vitamin, mineral, dan trace element. Gabungan dari struktur ini dikenal sebagai fitonutrien, salah satu dari banyak keajaiban alam. Banyak buah dan sayuran memiliki struktur kimia almiah yang sangat kuat ini, yang berfungsi penting dalam menyembuhkan dan mencegah banyak penyakit, seperti  kanker dan penyakit jantung.

(Baca juga : 10 Bahan Makanan Padat Gizi untuk Bayi)

Kasus kanker meningkat pesat disusul dengan peningkatan obesitas di kalangan anak-anak. Konsumsi buah dan sayur di kalangan anak-anak masih sangat rendah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa satu dari lima anak usia 4 sampai 18 tahun tidak makan buah atau sayuran, atau kurang dari setengah yang telah direkomendasikan, yaitu lima porsi sehari.

Makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran per hari sangat penting untuk kondisi kesehatan yang baik, dan Ibu harus memasukkan buah dan sayuran dalam diet anak-anak dari usia yang sangat muda sehingga makanan ini menjadi bagian normal dari kehidupannya. Alasan lain dari manfaat yang menyehatkan dari buah dan sayuran adalah adanya antioksidan. Ini adalah sekelompok zat yang meliputi:

Antioksidan memainkan peran kunci dalam melindungi tubuh anak dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit serius, terutama penyakit jantung dan kanker. Antioksidan efektif menghancurkan molekul berbahaya tertentu yang dikenal sebagai radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan dan penyakit.

Banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan jadi penunjang kesehatan jangka panjang. Antioksidan terdiri dari buah-buahan dan sayuran berbagai warna cerah. Mulailah mencakup nutrisi sebagai pelindung anak di masa kecil.