Kenali Penyakit Anak dari Suara Batuknya

By Avrizella Quenda, Sabtu, 9 September 2017 | 07:30 WIB
Ini Tandanya Jika Batuk Anak Dalam Kondisi Serius (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Anak kok sering batuk dan tak kunjung sembuh? Jika sudah begini, pasti yang dirasakan Ibu adalah khawatir dan cemas tentang kondisi si kecil, karena takut anak memiliki komplikasi yang berbahaya. Sebelum terlambat, kenali suara batuk anak, jika terdengar tidak normal, segera hubungi dokter!

Asma

Kedengarannya seperti batuk terus-menerus, batuk serak dan sesak napas yang sering memburuk pada malam hari, setelah beraktivitas tertentu atau paparan udara dingin, asap atau debu tungau. Berikan obat resep dokter dan menghindari pemicu asma.

Anak yang didiagnosis asma dapat bebas dari gejala jika ia belajar untuk mengontrol asma secara efektif, kata Sheldon Spier, direktur pengobatan untuk pernapasan anak di University of Calgary. Selalu memberikan obat pada batuk pertama atau mengi, untuk mencegah asma.

Ajak anak untuk mereview teknik mengisap inhaler yang benar. Contohnya, alat spacer dan masker akan membantu pengobatan lebih efektif untuk anak-anak. Cari bantuan medis jika mengi semakin parah, sulit bernapas atau anak perlu menggunakan inhaler asmanya setiap lebih dari empat jam.

Baca juga : 4 Jenis Batuk pada Bayi, Kenali Bedanya)

Gunakan air hangat atau obat tetes hidung yang mengandung garam untuk mengeluarkan lendir kering. Hindari penggunaan obat tetes hidung atau spray yagn mengandung obat.

Cari bantuan medis jika anak demam, menggigil atau batuk terus dan lendir berwarna hijau kental yang berlangsung 10 hari atau lebih. Sinusitis adalah bakteri dan membutuhkan antibiotik untuk mengobatinya.

Pilek

Kedengarannya seperti batuk basah, batuk phlegmy yang sering disertai dengan demam. Obati dengan obat tetes hidung saline untuk anak di bawah usia enam bulan, untuk mencegah dari efek samping yang tidak diinginkan.

Anak-anak yang lebih tua dapat diberikan ibuprofen atau acetaminophen untuk meringankan demam dan nyeri yang menyertai. Kaldu hangat bisa untuk menenangkan, dan alat pelembab akan membantu melonggarkan lendir.

Cari bantuan medis jika batuk atau demam belum membaik setelah lima hari, gejala lain berlangsung lebih lama dari 10 hari, atau gejala baru seperti infeksi telinga, tanda-tandanya, seperti sakit telinga, muntah dan demam tinggi.