Menghitung Waktu Tepat Berhubungan Intim Agar Bisa Hamil

By Megiza, Kamis, 27 April 2017 | 23:45 WIB
Kapan waktu tepat berhubungan intim agar bisa hamil? (Dini Felicitas)

Nakita.id - Memahami siklus menstruasi memang menjadi kunci utama untuk memprediksi kapan waktu yang tepat untuk membuahi sel telur. Tetapi ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan untuk dapat dinyatakan positif hamil oleh dokter.

Sebelum memilih hari yang tepat untuk pembuahan itu, ada baiknya Ibu telah memahami masa ovulasi dalam siklus menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi wanita terjadi antara 22 hingga 36 hari. Sedangkan ovulasi biasanya terjadi pada 12 hingga 14 hari sebelum siklus tersebut berakhir.

Jika Ibu memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka ovulasi akan dimulai pada hari ke-14. Ini adalah waktu terbaik untuk hamil sebelum menstruasi berikutnya, atau setelah periode selanjutnya. Namun jika Ibu memiliki siklus pendek atau 21 hari, maka ovulasi akan terjadi pada hari ketujuh. Di sisi lain, jika siklus menstruasi Ibu adalah 35 hari, maka ovulasi baru dimulai pada hari ke-21.

Karenanya, sangat disarankan agar hubungan seksual dilakukan setiap dua sampai tiga hari selama kurun waktu siklus tersebut. Hal itu akan lebih efektif dibanding menunggu hari masa ovulasi dimulai. Terlebih, berhubungan seks dengan rutin juga dapat meningkatkan kualitas sperma.

Lalu, kapan sebaiknya waktu hubungan intim yang tepat agar bisa hamil jika dihitung berdasarkan masa subur?

1. Satu hari sebelum ovulasi Satu hari sebelum ovulasi adalah hari yang tepat untuk pembuahan. Hal ini dikarenakan sperma memiliki cukup waktu untuk menjalani proses kapasitasi (sejumlah perubahan sel sperma yang terjadi di dalam saluran reproduksi Ibu untuk membuat sperma lebih mampu membuahi sel telur), dan juga sudah cukup matang untuk mencapai dan membuahi sel telur.

2. Dua hari sebelum ovulasi Hari ini juga menjadi waktu yang pas untuk pembuahan. Malah, Ibu mempunyai kemungkinan lebih besar untuk hamil jika hubungan seksual dilakukan dua hari sebelum tanggal ovulasi ini.

3. Tiga hingga empat hari sebelum ovulasi Dibanding satu atau dua hari sebelum ovulasi, ternyata tiga hari sebelum masa pelepasan telur yang sudah matang lebih dapat memberikan kemungkinan hamil yang jauh lebih tinggi.

4. Lima hari sebelum ovulasi Hari pertama di mana masa subur Ibu dimulai memang sering dianggap sebagai waktu yang ideal. Tapi ternyata hal itu kurang efektif dibandingkan satu hingga lima hari sebelum masa ovulasi dimulai.

Jadi, waktu tepat berhubungan intim agar bisa hamil adalah selama enam hari dalam masa subur tersebut. Yaitu lima hari menjelang ovulasi, dan pada hari ovulasi. Itulah waktu hubungan intim paling efektif untuk bisa hamil.