Tip Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Pemalu

By Avrizella Quenda, Minggu, 30 April 2017 | 04:53 WIB
Tip Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Pemalu (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Kebanyakan anak melewati fase di mana ia merasa tidak nyaman berada di sekitar orang orang yang tidak dikenalnya. Pada waktunya, anak-anak cenderung mampu mengatasi rasa malunya. Namun, ada anak-anak yang memerlukan sedikit bantuan dalam hal bersosialisasi dan terlalu malu saat berhubungan dengan orang lain. Berikut adalah beberapa tip bermanfaat!

1. Ajarkan anak rasa empati

Empati adalah keterampilan penting, tidak hanya untuk mengatasi rasa malu, tapi juga untuk orang yang baik pada umumnya. Bahas berbagai skenario dengan anak dan diskusikan tentang bagaimana perasaan orang lain dan juga dirinya sendiri.

(Baca juga : Pola Asuh Tepat untuk Menghadapi Anak Pemalu)

2. Jelaskan konsep ruang pribadi

Penting juga untuk mengajarkan konsep ruang pribadi kepada anak. Ruang pribadi penting agar setiap orang selalu bisa merasa nyaman, dan agar anak perlu mengetahui perilaku yang tepat saat harus bermain dengan anak-anak lain.

3. Ajarkan anak-anak inisiatif sosial yang tepat

Inisiatif sosial adalah pendekatan yang dibuat terhadap seseorang sehingga kita bisa menjalin hubungan. Dalam istilah awam, pada dasarnya adalah bagaimana cara kita mendekati orang-orang. Ajarkan anak tentang bagaimana memulai percakapan, bagaimana cara bergabung dengan sekelompok anak yang bermain di taman, dan juga bagaimana menarik perhatian seseorang. Ini mungkin keterampilan yang kita anggap remeh, tapi beberapa anak memiliki kondisi di mana ia sulit berkomunikasi dan sangat membutuhkan keterampilan sosial.

(Baca juga : Anak Pemalu Bukan Cuma Karena Kepribadiannya)

4. Ajarkan anak bagaimana cara bergantian

Penting bagi anak-anak untuk tahu apa artinya menunggu gilirannya. Ajari mereka untuk sabar dan berbaris, atau menunggu gilirannya saat tengah bermain di taman, dan untuk berbagi dengan anak lainnya.

5. Pilih teman bermain untuk anak Anda