Tak Disangka, Kebiasaan Kecil Ini Bisa Cegah Datangnya Penyakit Serius

By Gisela Niken, Senin, 1 Mei 2017 | 04:41 WIB
Kebiasaan sederhana ternyata dapat membantu Ibu jadi lebih sehat (Gisela Niken)

Nakita.id – Menjaga kesehatan tak cukup dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, karena perawatan diri ternyata juga punya andil. Ada beberapa kebiasaan kecil yang tak disangka-sangkan berkaitan dengan pencegahan beberapa penyakit dan gangguan serius. Meski kebiasaan kecil ini terbilang sederhana, melakukan hal-hal berikut berarti membantu kita jadi lebih sehat.

Baca juga: Mau Anak Sehat? Terapkan 5 Kebiasaan Baik Ini 

1. Membersihkan gigi dengan sempurna dan menggunakan dental floss (benang gigi)

Sudah rajin menggosok gigi dua kali sehari,  sebelum tidur dan setelah sarapan? Namun, apakah Ibu yakin telah membersihkan gigi dengan sempurna? Setelah sibuk seharian, sering kali kita melewatkan keharusan membersihkan gigi dengan baik. Menggunakan dental floss jadi salah satu cara untuk membersihkan sisa makanan terutama di bagian sela gigi yang sulit dibersihkan oleh sikat. Sebuah penelitian dari Columbia University’s Mailman School of Public Health, AS mengungkapkan kebersihan gigi erat hubungannya dengan pencegahan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Mau Tetap Sehat dan Langsing Sampai Tua? Lakukan Kebiasaan ini!

2. Membersihkan wajah sebelum tidur

Lelah dan mengantuk mungkin jadi alasan Ibu untuk tak membersihkan wajah sebelum tidur. Padahal, tidur tanpa membersihkan wajah dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, terlebih jika Ibu menggunakan makeup. Penumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati membuat kulit kusam, berjerawat, dan cenderung tak sehat. Hal ini juga memengaruhi percepatan proses penuaan kulit. Bahkan menurut  American Dermatology Online Journal, jika kita tak rajin membersihkan riasan mata seperti maskara, maka partikel yang masuk ke dalam mata bisa menyebabkan kerusakan pada kornea yang bisa berujung pada kebutaan.

3. Tidak menggunakan sepatu lama

Sepatu lama memang nyaman untuk digunakan karena sudah sangat pas dengan kaki. Namun, sepatu yang sudah digunakan lebih dari dua tahun tidak mampu lagi mengatasi benturan antara kaki dengan permukaan yang keras seperti jalan raya. Menurut Stephen Pribut, D.P.M., presiden Academy of Podiatric Sports Medicine, sepatu terlalu lama dapat meningkatkan risiko cedera pada kaki, seperti keseleo dan nyeri sendi.

Baca juga: Kebiasaan Penting Agar Anak Jarang Sakit 

4. Meluangkan waktu untuk kerabat dan keluarga

Kesibukan sehari-hari memang membuat kita kadang lupa atau tidak menanyakan kabar orang-orang yang kita sayangi. Patricia A. Fennell, CEO Albany Health Management Associates mengungkapkan relasi yang baik degan keluarga dan teman mampu memberi efek yang baik bagi tubuh. Riset yang dilakukan National Heart, Lung and Blood Institute menemukan perempuan yang memiliki keluarga bahagia akan memiliki risiko penyakit paru-paru dan jantung lebih rendah.

Demikianlah, melakukan kebiasaan kecil ternyata dapat membawa perubahan besar pada kesehatan kita.