Ingin Menstruasi Bebas Nyeri? Ini yang Perlu Dilakukan

By Gisela Niken, Senin, 1 Mei 2017 | 23:15 WIB
Yuk coba cara-cara mudah untuk mengatasi nyeri menstruasi (Gisela Niken)

Nakita.id – Setiap perempuan secara alami akan mengalami fase menstruasi. Dalam fase ini, kita akan mengalami perubahan mood karena berlangsungnya perubahan kadar hormon, belum lagi kalau nyeri perut sampai mengganggu aktivitas Ibu. Agar nyeri menstruasi bisa dikurangi, ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan:

1. Pola makan yang dijaga

Tak dipungkiri bahwa ada hubungan erat antara apa yang Ibu konsumsi dengan nyeri yang dirasakan. “Kekurangan gizi bisa saja menyebabnya nyeri menstruasi. Kekurangan bukan hanya bisa terjadi pada orang yang bertubuh kurus saja tetapi yang gemuk juga. Kalau pola makan sehat tidak dilakukan, sangat mungkin menstruasi menimbulkan nyeri,” ujar dr. Prapti Utami, MSi, pada acara Konferensi Pers Sangobion Femine Menstrupain, Kamis (27/4) di Jakarta. Pola makan sehat dan seimbang ini tak cukup hanya diterapkan saat menstruasi saja tetapi harus jauh sebelum menstruasi atau dengan kata lain setiap hari selama hidup, kita perlu punya pola makan yang baik.

Baca juga: 5 Fakta Mengejutkan Seputar Menstruasi 

2. Olahraga teratur

Dr. Prapti juga menambahkan bahwa menstruasi bukan menjadi halangan untuk tidak melakukan aktivitas fisik. Justru, nyeri menstruasi bisa diatasi dengan tetap aktif dan berolahraga. Olahraga tentu perlu disesuaikan dengan kemampuan tubuh dan perlu dilakukan secara rutin bahkan saat tidak menstruasi. Dr. Thomas Hyde, penulis buku Conservative Management of Sports Injuries mengungkapkan aktivitas yang ringan hingga sedang dapat mengatasi berbagai efek samping misalnya kram perut, nyeri punggung bahkan masalah-masalah lain yang muncul saat sebelum dan selama menstruasi berlangsung.

Baca juga: 5 Olahraga Tepat Untuk Mencegah Nyeri Menstruasi

3. Mengonsumsi kunyit-asam

Ada banyak cara lain yang bisa Ibu lakukan untuk meredakan nyeri misalnya dengan bahan-bahan alami. Kunyit adalah bahan yang dipercaya dapat mengatasi nyeri. Zat curcuminoid dalam kunyit mengandung vitamin B1 yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kunyit juga memiliki zat anti inflamasi serta antioksida. Begitu pula dengan asam yang kerap digunakan bersama dengan kunyit untuk mengatasi nyeri menstruasi. Asam memiliki asam amino flavonoid sebagai anti radang serta menghilangkan mual. Jadi tradisi minum rebusan kunyit-asam untuk meredakan nyeri menstruasi bukan tanpa dasar.

Baca juga: Alasan Mengapa Payudara Nyeri Menjelang Menstruasi

4. Melakukan kegiatan yang relaks

Salah satu cara menghilangkan nyeri menstruasi adalah meningkatkan hormon endorfin. Hormon yang disebut-sebut bekerja seperti heroin ini dapat menghilangkan rasa nyeri dan menigkatkan mood. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family Reproductive Health menunjukkan bahwa tertawa dan melakukan hal-hal menyenangkan lainnya dapat mengatasi nyeri menstruasi karena kegiatan-kegiatan itu mampu melonjakkan produksi endorfin dalam tubuh. Minum teh serta tidur yang cukup juga sangat baik membuat mood Ibu menjadi lebih positif.